Diterbitkan pada: Ming, Agu 16th, 2015

Ndas Manyung, Makanan Pedas Khas Pesisir Utara

   /  @ 16:23:17  /  16 Agustus 2015

20120209_174627 (e)Rasanya tidak ada yang tidak tahu makanan satu ini. Namanya ndas manyung. Atau dalam bahasa Indonesia kepala manyung (sejenis ikan laut seperti tongkol, red), yang begitu populer menjadi sajian khas pesisir utara Jawa.

Dimasak mangut, yang merupakan masakan berkuah santan dengan aneka bumbu dan satu ciri yang khas. Yakni pedas sekali. Jika Anda bukan penyuka pedas, disarankan untuk berhati-hati mengonsumsi masakan jenis ini.

Masakan ini tidak terasa amis. Lantaran sebelum diolah, ikannya terlebih dulu mengalami proses pengasapan. Selain itu, pemilihan bumbu menjadi tersendiri. Itulah yang dilakukan Katarina Marni, 48 tahun, pemilik Warung Makan Sederhana, yang ada di Juwana.

Menurutnya, bumbu yang digunakan sederhana saja. Yaitu terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, serta bumbu dapur lainnya, ”Untuk menghilangkan sisa amisnya, saya menggunakan kunyit,” kata Marni.

20120209_174846 (e)Ndas manyung ini, sangat pas dihidangkan dengan nasi panas serta teh hangat. Selain itu, pembeli juga bisa menambahkan berbagai aneka lauk pauk berbahan dasar ikan di warung makan ini.

Setiap harinya, mereka yang menginginkan masakan yang segar dan pedas seperti ini, selalu mampir ke warung makan yang terletak di Jalan Silugonggo. Tepatnya depan Polsek Juwana, Pati.

Warung ini buka dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Rasanya memang belum lengkap jika datang ke Pati belum mencicipi masakan satu ini. ”Saya dalam perjalanan ke Surabaya. Pas sampai Pati tadi sudah siang. Dan saya ingin makan masakan yang berbeda. Pilihan saya ya, ke warung ndas manyung di Juwana ini,” papar Supri, warga Surabaya.

Makan ndas manyung memang sangat nikmat jika dilakukan dengan tangan. Ukurannya yang besar, memang sudah sangat mengenyangkan. Apalagi dengan kuah yang memang sangat nikmati jika dicampur dengan nasi putih hangat. Jika kurang pedas, ada sambal yang siap menemaninya.

Selain ndas manyung, aneka masakan lain juga tersedia di warung makan ini. Termasuk aneka masakan seafood dengan berbagai bumbu, juga ada. Sebut saja kepiting, kakap, maupun jenis ikan laut lainnya.

Ada juga aneka pepes dengan bahan ikan segar, yang disediakan. Termasuk pepes telur ikan, juga ada. Dilengkapi dengan aneka sayur yang segar, santap siang ini begitu istimewa.

Jadi, silakan menikmati ndas manyung, dan rasakan sensasi pedasnya yang akan membuat keringat Anda bercucuran. Sangat nikmat sekali. (MERIE)

Komentar

komentar



© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status