Diterbitkan pada: Ming, Okt 18th, 2015

Berburu Sego Tewel di Desa Tambakromo Pati

   /  @ 14:27:32  /  18 Oktober 2015

Sego tewel khas Tambakromo. (KORAN MURIA/LISMANTO)

Sego tewel khas Tambakromo. (KORAN MURIA/LISMANTO)

PATI – Sego tewel saat ini mulai menjadi primadona bagi pemburu kuliner di Kabupaten Pati. Padahal, dulu sego tewel belum bersinar seperti sekarang ini.

Sego tewel berarti nasi dengan sayur dari buah nangka muda. Sepintas makanan ini biasa, karena lazim dijumpai di berbagai daerah di Indonesia.

Namun, ada yang berbeda dari sego tewel khas Desa Tambakromo. Rasanya gurih dan dikemas dengan nuansa tradisional yang menggugah selera.

Sego tewel ala Tambakromo disajikan dengan piring yang dialasi daun jati. Lauknya pun beragam, mulai dari tempe goreng, burung puyuh bakar, ayam, kerupuk, dan masih banyak lagi lainnya.

Satu warung dengan warung lainnya ternyata menyuguhkan menu yang satu ini dengan cara berbeda. Ada yang hanya menjual sego tewel dengan tempe goreng dan kerupuk, ada yang lengkap dengan berbagai macam lauk.

Sejumlah pemburu kuliner, ada yang lebih memilih sego tewel dengan konsep tradisional. Yakni, hanya berupa nasi, sayur tewel, tempe goreng dan kerupuk.

Imam Aziz, misalnya. Warga Desa Kuryokalangan, Kecamatan Gabus ini lebih suka dengan sego tewel bernuansa tradisional. “Kalau sudah bercampur bermacam lauk seperti ayam, nuansa dan rasanya sudah bukan sego tewel lagi. Saya lebih suka klasik. Rasanya jauh lebih nikmat. Beda dengan nasi tewel yang dijumpai di daerah-daerah lain,” ujarnya kepada Koran Muria.

Untuk mendapatkan warung sego tewel khas Tambakromo, kita tidak perlu bingung. Hampir di setiap pinggir jalan di Kecamatan Tambakromo bisa ditemukan warung sego tewel.

“Saya biasanya beli di kawasan Dukuh Ngerang. Tapi di sepanjang jalan sebetulnya banyak dijumpai. Rasanya mantap, coba sendiri kalau tidak percaya,” imbuhnya.

Sego tewel khas Tambakromo memang terkesan sederhana. Namun, rasanya yang luar biasa. Kita akan dibawa ke masa lalu dan merasakan nikmatnya menu khas leluhur Nusantara. (LISMANTO/SUPRIYADI)

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada 5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status