Diterbitkan pada: Sen, Nov 2nd, 2015

Tak Usah Khawatir Kulit Pecah-pecah, Ini Solusinya

Reporter:    /  @ 20:45:19  /  2 November 2015

Kulit Kaki Pecah

KUDUS – Suhu panas dan kering yang melanda Kabupaten Kudus saat ini memang berdampak pada kondisi tubuh. Salah satunya adalah kulit. Organ terluar tersebut yang mendapatkan masalah paling banyak, salah satunya di daerah tumit kaki.

Masalah utama yang paling banyak diderita adalah kulit kaki yang pecah-pecah. Bahkan tidak hanya muncul guratan-guratan halus, namun sampai menghitam karena retak yang sangat parah.

” Secara medis, tumit pecah-pecah dikarenakan tekanan berat tubuh. Sehingga kulit meluas ke samping. Dampaknya kulit mudah kering dan menyebabkan tumit menjadi pecah-pecah,” ujar Yooshy Kartika Sari salah satu dokter estetika di Muntira Skincare Kudus.

Hal ini akan mempengaruhi permukaan kulit yang terdiri dari epidermis, dan terkadang bisa menembus jauh ke dalam dermis hingga menyebabkan rasa sakit. Selain itu, tumit kering dan retak-retak juga bisa dikarenakan tubuh kekurangan vitamin, mineral (seng dan zat besi), dan asam lemak omega 3.

”Untuk itu, usahakan kelembaban kulit tetap terjaga melalui pemenuhan makanan bergizi agar kulit bisa kembali normal. Atau dapat juga dengan melakukan perawatan tambahan kaki untuk mengembalikan kesegarannya,” katanya

Meski begitu, hal tersebut bukan berarti tak bisa dihindari. Pola makan yang teratur dan sesuai nutrisi justru jadi solusi jitu dan paling mudah dilakukan. Bahkan dapat dilakukan di rumah dengan bahan yang juga mudah ditemukan.

”Karena inti dari kulit pecah-pecah adalah kurangnya kelembaban dan nutrisi, sehingga perlu bahan-bahan yang memiliki fungsi tersebut untuk memperbaikinya,” jelas Yooshy.

Di antaranya seperti dengan membuat jus lemon dan Pepaya Untuk dioleskan pada bagian tumit yang pecah. Keduanya memiliki tekstur lembut dengan banyak kandungan air sehingga dapat menutrisi kulit. Atau dapat pula dengan memberikan madu dan pisang setidaknya tiga puluh menit setiap hari.

”Lidah buaya, air mawar dan rendaman air hangat secara rutin juga dapat mengurangi kulit pecah-pecah. Itu semua bisa dilakukan di rumah,” tambahnya. (AYU KHAZMI/SUPRIYADI)

Komentar

komentar

© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status