Published On: Sun, Jan 31st, 2016
Piknik | By

Kedung Paso, Surga yang Tertutup Lebatnya Pegunungan Muria

 

dung paso1eKoran Muria, Jepara – Berbicara potensi wisata di Kabupaten Jepara seolah tiada habisnya. Selain memiliki kekayaan wisata laut seperti eloknya kepulauan Karimunjawa dan sejumlah pantai di daratan Jepara. Bumi Kartini juga memiliki segudang tempat wisata lainnya. Termasuk tempat wisata buatan maupun tempat wisata pegunungan.

Letak geografis Kabupaten Jepara memang sangat menguntungkan karena berada di semenanjung Muria dan berada di tepi laut Jawa. Sehingga potensi wisata pun sangat besar. Bahkan potensi wisata itu pun tidak hanya berada di tempat atau lokasi yang sudah terkenal, tapi juga di tempat-tempat yang belum banyak dikenal seperti potensi tempat wisata yang satu ini.

Ya, potensi tempat wisata di wilayah pegunungan Muria masih banyak ditemukan keindahan alam yang dapat dinikmati oleh manusia. Apalagi kalau bukan indahnya air terjun, sunagi yang mengalir dan pemandangan pebukitan lainnya.

dung paso2e

Kali ini Koran Muria ingin menunjukkan indahnya wilayah perbukitan yang berada di pegunungan Muria, tepatnya di kawasan hutan lindung wilayah Kecamatan Batealit Jepara, dan dikenal oleh penduduk sekitar sebagai sungai kedung paso.

Disana terdapat sebuah aliran sungai dengan air terjun yang menawan. Bahkan letaknya yang cukup jauh dari pusat Kecamatan batealit itu pun kini mulai dikunjungi sejumlah warga untuk bermain dan berwisata alam.

Konon, sungai indah tersebut diberi nama kedung paso karena terdapat sejumlah kubangan air yang terbentuk dari sisi-sisi bebatuan atau tebing sungai menyerupai wadah air. Dalam bahasa Jawa sendiri, kedung berarti sungai sedangkan paso memiliki arti wadah atau tempat air berukuran besar.

Memang benar, ketika kita datang kesana. Kita akan disuguhi dengan pemandangan yang sangat menakjubkan. Kedung paso, dengan sungai yang dikelilingi perbukitan penuh dengan hijaunya pepohonan. Air yang mengalir di sela bebatuan terlihat sangat jernih, dilengkapi dengan suara gemercik air yang tak pernah henti.

dung paso3e

Tak hanya itu, lebih detail kita dapat melihat dari aliran air sungai membentuk air terjun yang indah sekali. Dibawah air terjun itu terdapat genangan air yang berlimpah diantara dua sisi tebing. Tak ayal, keindahan itu pun menarik gelora nafsu pengunjung untuk menceburkan diri ke sungai itu.

Bahkan, sebagian pengunjung yang memiliki cukup nyali, mereka tak segan untuk terjun bebas dari atas sungai, maupun bergelantungan di akar pohon kemudian menceburkan diri. Ya, sensasi yang mereka dapatkan sungguh tak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

dung paso5e

“Meskipun lokasinya sulit dijangkau, tapi keindahan panorama alamnya luar biasa. Air terjunnya sangat jernih dan bisa menjadi alternative untuk merifres pikiran,” ungkap salah seorang pengunjung, Erwin.

Memang, lokasinya tak mudah ditempuh. Untuk sampai ke lokasi, pengunjung harus rela berjalan kaki hingga lima kilometer dengan melintasi jalan setapak dari Batealit Jepara. Sejauh ini keberadaan sungai kedung paso belum diketahui banyak orang kecuali penduduk sekitar.

Bagi kalian yang ingin berlibur maupun piknik. Tidak ada salahnya mencoba untuk kesana. Apalagi jika kalian sudah bosan dengan tempat-tempat wisata yang sudah terkenal selama ini, disana kalian bisa merasakan sensasi berlibur dengan melihat keindahan alam.

Editor: Supriyadi

About the Author

-