can you take ambien with lithium buy ambien online ambien sweating side effects

tramadol hcl 50 mg obat apa tramadol 50 mg tramadol 50 mg pris flashback

how much to get high off valium valium no prescription needed order diazepam Hawaii

new york times article on ambien buy ambien ambien dwi

valium ibiza buy valium valium pill pics

citalopram und tramadol tramadol online pharmacy tramadol health solutions network

tramadol blutspende tramadol 100mg taking tramadol and acetaminophen

how much xanax does an addict take buy xanax xanax per abbassare la pressione

xanax effects heart buy xanax online which is worse xanax or ambien

side effects of ambien extended release buy ambien online ambien recreational use dosage

Diterbitkan pada: Ming, Feb 28th, 2016

Saksikan Hiburan Terdahsyat Tahun Ini, Gerhana Matahari

   /  @ 16:32:36  /  28 Februari 2016

gerhana matahariAda satu ”pertunjukan” yang begitu dinanti pada tahun 2016 ini. Tepatnya pada 9 Maret 2016 mendatang. Atau kurang dari dua pekan lagi, ”hiburan” terdahsyat itu akan bisa dlihat.

Ya, pada 9 Maret mendatang, sebagian wilayah di Indonesia akan mengalami yang namanya gerhana matahari total. Sebuah hal yang sangat jarang terjadi, atau jarang dinikmati di Indonesia.

Gerhana matahari adalah sebuah fenomana alam yang terjadi, ketika bulan berada di antara matahari dan bumi. Sehingga bayang-bayang bulan akan jatuh ke permukaan bumi. Daerah yang dilewati bayang-bayang itu akan mengalami gerhana.

Dan berbahagialah orang Indonesia, karena saat gerhana matahari total tanggal 9 Maret nanti, hanya Indonesia satu-satunya negara di dunia yang dilintasi bayangan tersebut.

Ada 11 provinsi di Indonesia yang kemudian dilewati gerhana matahari. Mulai dari bagian Indonesia barat hingga timur. Mulai dari Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Babel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Tepatnya adalah di Palembang, di mana gerhana akan dimulai pukul 06.20 WIB waktu setempat. Kemudian di Belitung (06.21 WIB), di Bangka (06.20), di Sampit (06.23 WIB), di Palangkaraya (06.23 WIB), di Balikpapan (07.25 WITA), di Palu (07.27 WITA), di Poso (07.28 WITA), di Luwuk (07.30 WITA), di Ternate (08.63 WIT), dan di Halmahera (08.37 WIT).

Untuk gerhana matahari total sendiri,  akan terlihat paling lama di Ibu Kota Kabupaten Halmahera Timur, yakni Maba. Di antara durasi di kota-kota lain, Maba dianggap jadi tempat terbaik melihat GMT. Yakni selama 3 menit 17 detik, sebagaimana yang disampaikan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djalaluddin.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya sendiri, menyambut momen gerhana matahari total itu, dengan mempromosikan daerah yang dilalui gerhana. Terutama yang paling lama, yakni Maba.

Ia berharap pihak pemerintah daerah Maluku Utara, bisa mempromosikan kesempatan itu, untuk memperlihatkan indahnya Maba. ”Maba itu yang paling lama. Itu kesempatan untuk mempromosikan tempat wisata,” katanya sebagaimana dilansir sejumlah media.

Waktu yang lebih dari tiga menit itu, disebabkan karena lokasi Maba sebagai kota paling timur dari semua daerah yang dilewati gerhana matahari total di Indonesia.

Adanya kesempatan gerhana matahari total itu sendiri, memang dimanfaatkan sejumlah daerah untuk mempromosikan wisatanya. Misalnya saja di Kota Tidore Kepulauan. Mereka bakal menampilkan kesenian dolo-dolo.

Kesenian dolo-dolo ini, adalah tradisi masyarakat sejak zaman dulu dalam menyikapi terjadinya peristiwa alam gerhana matahari atau gerhana bulan. Tradisi dolo-dolo itu ditandai dengan memukul kentongan dari bahan bambu secara bersamaan di seluruh wilayah kampung, saat terjadinya gerhana matahari atau gerhana bulan.

Tujuan dari membunyikan kentongan ini, adalah untuk mengusir raksasa yang menelan bulan atau matahari. Karena saat itu masyarakat meyakini bahwa ada raksasa yang menelan matahari atau bulan.

Editor: Merie

Komentar

komentar

© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status