Diterbitkan pada: Ming, Feb 28th, 2016

Hutan Sekolah di SMP 5 Kudus, Segarkan Pikiran saat Belajar

Reporter:    /  @ 17:01:02  /  28 Februari 2016

 

taman-1eKoran Muria, Kudus – Keberadaan ”hutan kota” di SMP 5 Kudus, memang memberikan sesuatu yang segar. Bahkan bisa membantu meningkatkan konsentrasi saat belajar.

Sekolah yang berada di Jalan Sunan Muria, turut Desa Barongan, Kudus, itu memang mengedepankan keasrian tamannya. Ya, hutan sekolah tersebut merupakan sebuah taman, yang berisi beragam jenis tanaman.

Ketua OSIS SMP 5 Kudus M Abil Nafis mengatakan, hutan kota ini sangat berguna sekali. ”Khususnya saat siang hari. Yakni bisa menyejukkan lingkungan sekolah,” katanya kepada koran muria.

Hutan kota tersebut bukan hanya bunga hias saja. Melainkan juga terdapat tanaman herbal lainnya. ”Selain bunga pucuk merah, kaktus, bougenvil, dan pecut kuda, hutan kota ini juga ada tanamannya. Yaitu jahe, seri, lengkuas, lavender, ginseng, dan lainnya,” tuturnya.

Dia menilai, hutan kota yang ditanami berbagai jenis tanaman ini juga bukan sekadar sebagai penghijauan. Akan tetapi bisa dijadikan pendidikan tersendiri bagi siswa.

Pendidikan tersendiri bagi siswa yang berkaitan dengan tanaman tersebut yakni pihak sekolah memberikan keterangan atau penjelasan terhadap tanaman itu, lewat tulisan yang ditempel di tembok.

”Keterangan terhadap tanaman tersebut yakni tertera dalam spanduk atau
banner, yang berkaitan dengan manfaat dan kegunaan tanaman. Sehingga siswa bisa tahu tentang tanaman itu,” katanya.

(KORAN MURIA/ EDY SUTRIYONO)

(KORAN MURIA/ EDY SUTRIYONO)

Hal serupa disampaikan siswa lain bernama Ratna Tanjung. Dia berkata, tanaman itu selain menjadi penghijauan di hutan sekolah juga digunakan sebagai pengetahuan siswa.

”Yakni pihak sekolah memberikan arti dan manfaat tanaman itu yang ditulis di banner dan ditempel di tembok sekolah,” tuturnya.

Dari informasi yang ada, berbagai jenis tanaman yang ada, rata-rata dibawa siswa dari rumahnya masing-masing. Hal tersebut dapat dibuktikan lantaran setiap pot terdapat nama siswa.

”Bagi mereka yang sadar akan penghijauan dan lingkungan, maka akan membawa bunga atau tanaman dari rumah. Selain itu, setiap tanaman juga dirawat semua siswa. Sehingga penghijauan di SMP 5 ini pernah mendapatkan penghargaan Adiwiyata di tahun kemarin,” imbuhnya.

Editor: Merie

Komentar

komentar



© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status