Diterbitkan pada: Sab, Apr 23rd, 2016

Bakso Klopo Pati, Bakso Berukuran 15 Senti yang Bikin Ketagihan

Reporter:    /  @ 14:38:13  /  23 April 2016

 

bakso (e)

Seorang chef di Pondok Makan Klopo Gading menunjukkan menu andalannya, bakso klopo. (KORAN MURIA/LISMANTO)

 

Koran Muria, Pati – Bagi pencinta bakso, tak ada salahnya mampir di Pondok Makan Klopo Gading yang berada di sebelah barat Pom Bensin Gajahmati Pati. Pasalnya, ada menu bakso unik sebesar bola tenis dengan ukuran diameter yang mencapai 15 sentimeter.

Namanya bakso klopo. Nama itu terinspirasi dari ukurannya yang mendekati kepala muda yang masih kecil, sekaligus menjadi menu khas di Pondok Makan Klopo Gading.

“Diameter bakso sekitar 15 cm berisi telur utuh dan daging cincang. Itu sebabnya kami namakan bakso klopo karena ukurannya cukup besar,” ujar Farida Sulistiyana, chef di Pondok Makan Klopo Gading.

Untuk menikmati satu porsi bakso klopo, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 17.500. Pengunjung juga bisa memesan minuman sesuai dengan selera, karena ada beragam minuman yang ditawarkan di pondok makan ini.

Farida mengatakan, ada dua jenis bakso yang ditawarkan di sana. Pertama, bakso dengan ukuran normal di mana pengunjung sudah bisa menikmati dengan harga Rp 10 ribu.

Kedua, bakso klopo dengan harga hampir dua kali lipat dengan bakso biasa. Namun, ukurannya yang sangat besar bisa dipastikan pengunjung akan puas. Bagi penggila bakso, menu yang satu ini bisa menjadi rujukan saat berkunjung ke bumi mina tani.

bakso(1) (e)

Salah satu pengunjung tengah menikmati bakso klopo di Pondok Makan Klopo Gading di Jalan Panunggulan Nomor 217 Pati. (KORAN MURIA/LISMANTO)

 

Salah satu penikmat bakso yang pernah mencicipi nikmatnya bakso klopo, antara lain Nanda Ade Purnama. Warga asal Jepara ini sengaja mampir ke warung itu, setelah berkunjung di Pati untuk suatu keperluan.

”Rasanya mantap, enak, gurih, dan harga cukup terjangkau. Dalam bulatan bakso yang besar ini ada telur dan daging cincang. Saya cukup pesan satu porsi ini langsung kenyang,” kata Nanda.

Seperti bakso pada umumnya, satu porsi bakso klopo ini ditemani dengan campuran mie kuning, bihun, sawi, seledri, dan bawang goreng. Kuahnya yang panas berasal dari kaldu daging dan balungan benar-benar membuat rasa dan karakter bakso melekat pada satu porsi menu ini.

Farida Sulistyaningrum, pemilik Pondok Makan Klopo Gading mengatakan, pengunjung yang biasa berburu bakso klopo sebagian besar berasal dari pelajar, pegawai, dan orang yang singgah dari luar kota.

Farida sendiri mengaku ingin menyuguhkan satu menu yang berbeda dari warung pada umumnya. “Kita sengaja hadirkan menu yang berbeda. Ada banyak menu yang ditawarkan di sini. Namun, bakso klopo yang paling banyak diburu cusmoter,” ungkapnya.

Untuk menikmati menu ini, pengunjung cukup merogoh kocek Rp 17,5 ribu. Pengunjung bisa datang langsung ke pondok makan bernuansa klasik-tradisional ini mulai pukul 09.30 WIB hingga 21.30 WIB.

Tak ayal, manu yang satu ini bisa dijadikan rekomendasi untuk sarapan, makan siang, bahkan makan malam sekalipun. Luar biasa, bukan?

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada 5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status