Published On: Mon, Apr 25th, 2016

Bupati Pati Makin Terbuka Dukung Pembangunan Pabrik Semen

Dirut PT Indocement Tunggal Prakarsa Christian Kartawijaya (kanan) saat menjadi narasumber dalam ”Dialog Investasi” di Pasar Pragola Pati, bersama Bupati Pati Haryanto, Senin (25/4/2016). (KORAN MURIA / LISMANTO)

Dirut PT Indocement Tunggal Prakarsa Christian Kartawijaya (kanan) saat menjadi narasumber dalam ”Dialog Investasi” di Pasar Pragola Pati, bersama Bupati Pati Haryanto, Senin (25/4/2016). (KORAN MURIA / LISMANTO)

Koran Muria, Pati – Jika selama ini Bupati Pati Haryanto terkesan menghindar saat ditanya mengenai pembangunan pabrik semen di wilayahnya, kini hal itu tidak terlihat lagi. Bupati semakin terbuka memperlihatkan dukungannya kepada pembangunan pabrik.

Hal itu terlihat dalam acara ”Dialog Investasi”, yang digelar di Pasar Pragolo Pati, Senin (25/4/2016). Bupati menegaskan bahwa pihaknya akan terus mendukung pembangunan pabrik semen tersebut.

Dalam diskusi tersebut, Bupati Haryanto menilai jika pro dan kontra pembangunan pabrik semen di Pati sebagai sesuatu yang wajar. Tapi pembangunan pabrik semen adalah sebuah peluang investasi yang baik untuk pertumbuhan ekonomi.

”Pro dan kontra itu sudah biasa dan wajar. Kalau sudah paham akan pentingnya investor dalam membangun ekonomi masyarakat, nantinya juga akan tahu sendiri. Mereka (warga, red) nantinya pasti akan menikmati dampak ekonomi yang baik saat pabrik semen dibangun,” kata Haryanto.

Ia mengatakan, kebijakan umum dan program pembangunan Pati saat ini berorientasi pada terbukanya investasi yang diharapkan bisa menopang ”multiplier effect” ekonomi masyarakat Pati. Hal itu untuk mendukung kebijakan pembangunan nasional yang pro poor, pro job, pro growth, dan pro environment.

”Pemkab akan menggenjot kombinasi dari upaya pembangunan infrastruktur dan peranan bipartit, dalam meningkatkan perekonomian Kabupaten Pati. Efeknya bisa mendongkrak pendapatan daerah dan menjadi stimulasi pertumbuhan ekonomi Pati,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Dirut PT Indocement Christian Kartawijaya mengatakan, keberadaan pabrik semen di Pati akan meningkatkan ekonomi warga Pati. Termasuk pertumbuhan usaha kecil dan menengah (UKM). ”Berbagai usaha makanan, transportasi, konveksi, laundry, dan jasa pendukung industri lainnya akan diserap oleh industri semen,” kata Christian.

 

Direktur Indocement: Pabrik Semen Hilangkan Sawah Adalah Kebohongan Luar Biasa

Sejumlah narasumber berbicara soal investasi di Kabupaten Pati dalam acara ”Dialog Investasi”, di Pasar Pragola Pati, Senin (25/4/2016). (KORAN MURIA / LISMANTO)

Sejumlah narasumber berbicara soal investasi di Kabupaten Pati dalam acara ”Dialog Investasi”, di Pasar Pragola Pati, Senin (25/4/2016). (KORAN MURIA / LISMANTO)

Jalan PT Indocement untuk membangun pabriknya di Kabupaten Pati, akan semakin terbuka lebar. Setelah Bupati Pati Haryanto menyebut pabrik semen akan meningkatkan kesejahteraan warga, pihak pabrik juga menyebut jika banyak keuntungan akan muncul dari hadirnya pabrik.

Direktur Utama PT Indocement Tunggal Prakarsa Christian Kartawijaya mengatakan, dengan kehadiran pabrik semen, maka Kabupaten Pati akan makin menggeliat sebagai kota pro investasi.

PT Indocement yang menginvestasikan dananya senilai Rp 7 triliun untuk membangun pabrik semen di wilayah Pegunungan Kendeng, diharapkan akan memperbaiki ketergantungan kebutuhan semen di Jawa Tengah, yang selama ini dipasok dari pabrik semen dari Jawa Barat dan Jawa Timur.

”Kegagalan memenuhi kebutuhan semen yang meningkat akan membuat pembangunan Indonesia terhambat, meningkatkan ketergantungan impor terutama dari Tiongkok, dan membuat upaya pemerataan pertumbuhan ekonomi Indonesia sulit terlaksana,” ujarnya.

Ia mengatakan, Kabupaten Pati punya potensi sumber daya alam (SDA) bahan baku semen yang baik dan cukup untuk dikembangkan. Sarana dan prasarana pendukung seperti listrik dan pelabuhan di Pati dinilai cukup memadai.

Selain itu, Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Jawa Tengah dan Kabupaten Pati sudah memberikan peluang bagi investasi industri semen, baik dalam konteks penambangan maupun pabrik. ”Karena itu, kami sudah siap membangun pabrik semen di Pati dengan persiapan yang sangat matang,” tegasnya.

Ditanya soal dampak lingkungan yang ditimbulkan akibat pembangunan pabrik semen, Christian memastikan keberadaan pabrik Indocement tidak akan mengganggu lingkungan. Pihaknya akan membangun pabrik semen berwawasan lingkungan.

”Siapa bilang keberadaan pabrik semen akan menghilangkan air dan sawah. Kita tidak pernah menambang sumber mata air. Itu kebohongan yang luar biasa, bila ada yang bilang keberadaan pabrik semen akan menghilangkan air dan sawah. Kami akan bangun pabrik dengan wawasan lingkungan,” pungkasnya.

Editor: Merie

About the Author

-