Published On: Tue, Apr 26th, 2016
Blora | By

Tak Terawat, Pasar Plaza Cepu Kurang Diminati

Pazar Plaza Cepu, kondisinya sepi dan terkesan tak terawat. (KORAN MURIA/RIFQI GOZALI)

Pazar Plaza Cepu, kondisinya sepi dan terkesan tak terawat. (KORAN MURIA/RIFQI GOZALI)

Koran Muria, Blora – Keberadaan Pasar Plaza Cepu, yang terletak di Jalan Pemuda kurang diminati. Hal itu dibuktikan dengan masih banyaknya kios kosong yang tidak terhuni. Selain itu, kondisi bangunan dua lantai itu tak terawat. Nampak, dari banyaknya dinding kotor dan butuh peremajaan.

Dari data yang dihimpun, di Pasar Plaza tersebut total ruangan terdapat 260 ruangan. Ke-260 ruangan tersebut terbagi menjadi 24 ruko, 85 kios, 151 los. Hanya, dari jumlah tersebut ada 75 tempat kosong.

”Memang banyak pedagang yang tidak tertarik untuk berjualan di tempat tersebut,” tutur staf pasar Plaza Cepu, Sagi.

Alasannya, selain bagian dinding yang tampak tak terawat dan butuh peremajaan, di pasar tersebut hanya ada satu tangga penghubung ke lantai dua. Itupun sangat sempit. Tentu, hal itu membuat pembeli malas berkunjung keatas. Hal itu lah yang menjadi alasan para pedagang enggan berjualan di tempat tersebut.

Kondisi tersebut diperparah dengan hanya adanya satu jalan searah di dalam pasar. Itupun sangat sempit. Tentu, hal itu membuat para pengunjung pasar sangat terbatas geraknya.

”Hanya ada satu jalan dan semit, tentu membuat pedagang malas berjualan,” imbuh Sagi.

Maskur, Kepala Disperindagkop dan UKM Blora, mengungkapkan, bahwa keberadaan pasar Plaza Cepu dibangun pada tahun 1993. Sebelumnya dikelola oleh swasta. Semenjak 2013, pasar tersebut dikelola oleh Pemkab. Menurutnya, pasar tersebut memang sangat membutuhkan pembenahan. Terutama tangga menuju lantai dua. Sehingga pedagang dan pembeli tidak enggan untuk berjualan maupun belanja di lantai dua.

”Sarana prasarana kurang memadai, terutama tangga, jadi banyak yang tidak menggunakan lantai dua,” ujar Maskur.

Meski begitu, Maskur mengatakan, untuk tahun ini belum ada rencana pembenahan pasar plaza Cepu. Sebab, tidak masuk program prioritas. ”Untuk pasar Plaza tahun ini belum ada pembenahan, prioritas untuk pasar induk Cepu dulu,” pungkasnya.

Editor: Supriyadi

About the Author

-