Published On: Wed, Apr 27th, 2016
Kudus | By

Habis Diterjang Banjir, Wisata Wonosoco Kudus Mulai Bangkit

Gedung Kesenian Wonosoco, menjadi salah satu bangunan yang memperindah kawasan wisata itu. (KORAN MURIA)

Gedung Kesenian Wonosoco, menjadi salah satu bangunan yang memperindah kawasan wisata itu. (KORAN MURIA)

Koran Muria, Kudus – Kawasan wisata Wonosoco, Kabupaten Kudus, sempat mengalami kerusakan akibat terjangan banjir pada Desember 2015 lalu. Kini tempat wisata yang dikelilingi Pegunungan Kendeng ini mulai berbenah, dan mulai kembali tampak indah.

Hal ini menurut Camat Undaan, catur Widiyatno, tak lepas dari peran serta masyarakat sekitar. “Bantuan moril warga sangat bermanfaat. Mereka saling membantu saat merenovasi bangunan yang hancur, maupun ikut serta menanam pohon,” katanya kepada Koran Muria, Rabu (27/4/2016).

Ia menyatakan, pihaknya akan terus mempromosikan tempat wisata tersebut, agar semakin dikenal luas. Salah satunya yakni dengan menggelar berbagai macam kegiatan di tempat itu.

Termasuk melibatkan masyarakat, agar merasa saling memiliki terhadap tempat wisata itu. Dengan adanya perasaan memiliki, maka akan ada semangat untuk terus mengembangkan tempat wisata Wonosoco.

“Kami bangga dengan warga Undaan. Sebab mereka bisa saling menyungkuyung wisata Wonosoco ini yang dahulunya rusak terkena banjir. Saat ini wisata pegunungan dan hutan jati ini bisa subur, terlihat indah,” imbuhnya.

Salah satu tokoh pemuda  sekaligus menjadi pengurus Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Wonosoco, Gunodo mengatakan, peran pemuda memang penting untuk bisa memajukan tempat wisata.

“Yang penting para pemuda ini bisa mempromosikan wisata ini kepada khalayak umum. Baik itu melalui media sosial yang ada, atau juga selalu menggelar kegiatan positif di tenpat ini,” paparnya.

Dia menilai, peran pemuda tersebut bukan berarti harus dari Desa Wonosoco itu sendiri. Namun para pemuda itu bisa dari daerah lain baik itu wilayah Undaan terlebih wilayah Kudus secara meluas.

Dengan adanya peran pemuda yang bisa membuat wisata Wonosoco ini lebih terkenal, sehingga bisa menjadi salah satu alternatif tujuan wisata di Kudus.

“Para pemuda memang kunci utatama dalam membangun wisata ini supaya lebih baik. Sebab pembangunan wisata bukan hanya secara fisik saja, melainkan juga bisa berbrntuk promosi lewat media, menggelar acara positif, maupun yang lainnya,” ujarnya.

Editor : Ali Muntoha

About the Author

-