Published On: Wed, Apr 27th, 2016
Blora | By

Miris, Warga Blora Jadikan Sungai Sebagai Tempat Favorit Membuang Sampah

Sungai di Kelurahan Tempelan, Blora dihiasi dengan sampah rumah tangga. (KORAN MURIA/RIFQI GOZALI)

Sungai di Kelurahan Tempelan, Blora dihiasi dengan sampah rumah tangga. (KORAN MURIA/RIFQI GOZALI)

Koran Muria, Blora – Kesadaran masyarakat Blora untuk membuang sampah pada tempatnya ternyata masih rendah. Ini lantaran, masih banyak warga yang menjadikan sungai sebagai tempat favorit membuang sampah. Akibatnya, sungai penuh sampah dan bisa mengakibatkan banjir saat hujan tiba.

Wahyu Agustin, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Blora mengungkapkan, untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut, tidak hanya bisa mengandalkan satu pihak saja. Menurutnya, persoalan sampah merupakan persoalan kompleks yang harus melibatkan banyak pihak.

“Kami berharap masyarakat bisa paham akan bahaya buang sampah sembarangan. Bagi siapapun yang memiliki kepedulian, agar senantiasa menjadi pelopor dalam membuang sampah pada tempatnya,” ujar Wahyu Agustin kepada MuriaNewsCom (27/4/2016).

Dia sangat menyayangkan warga yang masih membuang sampah secara sembarangan di sungai. Karena, menurutnya, dengan tindakan seperti itu, air sungai akan tercemar. Padahal, air sebagai sumber kehidupan dan tidak selayaknya dikotori oleh sampah.

“Air sebagai sumber kehidupan selayaknya kita jaga, bukan malah dikotori dengan sampah. Hal itu sangat kami sayangkan,” imbuhnya.

Untuk menanggulangi banyaknya sampah tersebut, pihaknya pun telah merencanakan program menciptakan lingkungan yang bersih. Beberapa instansi akan diajak menjadi pelopor membuang sampah pada tempatnya.

Selain itu, lanjut Wahyu, pihaknya juga akan melibatkan masyarakat secara langsung. “Kami akan gandeng TNI, Polri, dan PNS untuk ikut serta menjadi pelopor membuang sampah pada tempatnya. Selain itu warga juga akan kami sertakan. Rencananya Jumat depan,” jelas Wahyu.

Editor: Supriyadi

About the Author

-