Published On: Thu, Apr 28th, 2016
Blora | By

Jadi Penentu Kebijakan, Pemkab Blora Minta Para Pengusaha Jujur Saat Disensus Ekonomi

Bupati Djoko Nugroho (tiga dari kanan) saat menghadiri sosialisasi sensus ekonomi 2016. (KORAN MURIA/RIFQI GOZALI)

Bupati Djoko Nugroho (tiga dari kanan) saat menghadiri sosialisasi sensus ekonomi 2016. (KORAN MURIA/RIFQI GOZALI)

Koran Muria, Blora – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora meminta para pelaku usaha di Kota Mustika tidak menutup-nutupi informasi saat Sensus Ekonomi. Ini lantaran, data hasil sensus yang dilakukan BPS tahun ini bakal menjadi acuan untuk menentukan kebijakan.

Hal itu diungkapkan Bupati Blora Djoko Nugroho saat menyampaikan sambutannya dalam sosialisasi sensus ekonomi kepada pelaku usaha di Ruang Pertemuan Mr. Green, Kamis (28/4/2016).

”Kalau kalian didatangi petugas sensus ekonomi, sampaikan semuanya secara jelas. Biar data yang diperoleh petugas sensus tidak keliru,” kata Kokok, sapaan Djoko Nugroho.

Ia menjelaskan, data yang diterima oleh petugas sensus ekonomi akan digunakan dasar oleh pemerintah dari daerah hingga pusat untuk memberikan bantuan atau program kemasyarakatan. Karena itu, data tersebut diharapkan bisa sesuai dengan realita. Dengan begitu, kebijakan pemerintah tidak salah sasaran.

”Karena itu, kami juga harap, petugas bisa bekerja secara maksimal. Begitu juga, pelaku usaha bisa memberikan informasi secara utuh,” imbuh Kokok.

Sementara, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Blora Heru Prasetyo melalui Kepala seksi (Kasi) Integrasi Pengolahan dan Desimenasi Satistik Badan Pusat statistik (IPDSBPS) Blora, M Yamani mengungkapkan, bahwa agenda sosialisai kali ini merupakan upaya dalam memberikan pengarahan kepada responden agar terbuka dalam memberikan informasi kepada petugas sensus di lapangan.

”Kaitannya dengan kevalidan informasi berupa data. Kami beri sosialisasi agar setiap pelaku usaha bisa memberikan data secara utuh,” tandasnya.

Dalam sosialisasi tersbut, dihadiri oleh 48 pelaku usaha yang ada di Kabupaten Blora. serta mengundang beberapa narasumber, diantaranya Arief Rohman wakil bupati Blora, Erisman perwakilan dari BPS Jawa Tengah, dan Ketua kamar dagang dan industri (Kadin) Blora Abdullah Aminuddin.

Editor: Supriyadi

About the Author

-