Published On: Fri, Apr 29th, 2016

Tangkap Jika Ada Oknum Nakal yang Coba Tipu Calon Polisi di Grobogan

Kapolres Grobogan AKBP Indra Darmawan Iriyanto melakukan penandatanganan pakta integritas dengan calon anggota Polri. (KORAN MURIA / DANI AGUS)

Kapolres Grobogan AKBP Indra Darmawan Iriyanto melakukan penandatanganan pakta integritas dengan calon anggota Polri. (KORAN MURIA / DANI AGUS)

Koran Muria, GroboganPolri memastikan perekrutan calon anggota polisi, baik brigadir, tamtama hingga Akademi Kepolisian (Akpol) tidak dipungut biaya. Jika ada oknum warga, termasuk oknum polisi yang mengaku bisa meloloskan dengan imbalan sejumlah uang, tangkap dan laporkan.

Hal itu ditegaskan Kapolres Grobogan AKBP Indra Darmawan Iriyanto, saat memimpin penandatanganan pakta integritas penerimaan calon anggota Polri tahun 2016, di Aula Jananura Polres Grobogan, Jumat (29/4/2016). Polri memastikan, penerimaan calon anggota polisi berlangsung transparan, dan tanpa kecuranga. Semua proses dan tahapan rekrutmen bisa dipantau masyarakat luas.

“Saya minta agar tidak percaya pada oknum-oknum seperti ini. Kalau didatangi oknum seperti itu, tolong laporkan pada kami,” katanya.

Di Kabupaten Grobogan ada ribuan orang yang mendaftar melamar untuk menjadi calon anggota Polri. Baik brigadir, tamtama, ataupun calon taruna Akpol. Dari ribuan orang itu, hanya 367 orang yang lolos tahap awal, dan bisa melanjutkan ke tahap seleksi berikutnya di Semarang.

Mereka yang lolos ini terdiri dari 299 pelamar untuk brigadir umum, 56 tamtama, delapan pelamar Akpol, dan empat orang brigadir khusus penyidik.

Dikatakan, penandatangan pakta integritas tersebut terkait dengan penerimaan anggota Polri yang bersih, transparan, akuntabel, dan humanis. Oleh sebab itu, jika ditemukan pelanggaran dan kecurangan, agar segera dilaporkan.

“Kalau ada indikasi kecurangan segera laporkan kepada kami. Akan langsung diberi tindakan tegas. Sebab, kami ingin proses penerimaan ini bersih, transparan, juga humanis,” terangnya.

Ditegaskan, dalam proses seleksi, para calon anggota Polri harus percaya kepada kemampuan diri masing-masing. Doa dan upaya keras, akan membuahkan hasil yang maksimal.

Penandatanganan fakta integritas dilakukan antara Kapolres Grobogan AKBP Indra Darmawan Iriyanto, panitia seleksi dan siswa yang lolos. Selanjutnya, semua siswa yang lolos seleksi awal nantinya akan menjalani tes lanjutan di Akpol Semarang.

Untuk itu, mereka semua dihimbau untuk mempersiapkan diri karena proses seleksi lanjutan berlangsung lebih ketat.

Editor : Ali Muntoha

About the Author

-