Published On: Fri, Apr 29th, 2016
Blora | By

PTUN Semarang Minta Bukti Dilengkapi, Putusan Gugatan Terhadap KPU Blora Ditunda

ilustrasi koran muria

Koran Muria, Blora – Hakim PTUN Semarang belum bisa membacakan keputusan sidang gugatan Caleg Golkar Sunoto terhadap KPU Blora. Sebab, sidang yang dijadwalkan, Kamis (28/4/2016) kemarin ditunda.

Ketua KPUK Blora Arifin mengatakan informasi yang telah ia dapatkan dari lawyer-nya sidang ditunda pekan depan, yakni hari Senin. Ini lantaran hakim meminta ada bukti dari pihak tergugat (KPU) untuk dilengkapi lagi.

”Ya nanti kita siapkan bukti yang diminta oleh hakim,” ujar Arifin.

Komisioner KPU M. Khamdun menuturkan, bukti yang diminta oleh hakim adalah SK Gubernur Jawa Tengah yang turun atas nama Rajiman. Rajiman adalah nama yang diusulkan KPU untuk menggantikan Maulana Kusnanto. Kader Golkar yang suaranya dibawah Sunoto saat ini sudah menjadi anggota DPRD karena telah dilantik.

‘”Padahal saat pembuktian SK itu sudah kami sampaikan,” tutur Khamdun.

Mengenai kejanggalan yang ada, Khamdun tak ingin berspekulasi mengenai hal itu. Dia hanya akan menyiapkan kebutahan sidang. Bila pengacara membutuhkan bukti berupa SK pihaknya akan segera menyediakan.

”Kami hanya bisa menyiapkan. Kalau untuk apa bukti itu hakim yang lebih tahu,”  terang dia.

Khamdun melanjutkan, KPUK telah menetapkan keputusan itu berdasarkan surat KPU RI Nomor 848/KPU/XI/2015 tertanggal 24 November 2015 perihal penjelasan PAW anggota DPRD Kabupaten Blora, dan surat KPU Provinsi Jateng Nomor 678/KPU-prov-012/11/XI/2015/2015 tertanggal 25 November 2015, pihaknya tidak menentukan Sunoto sebagai caleg yang menggantikan Kusnanto. Melainkan, Rajiman Santarko yang dianggap tepat menggantikan Kusnanto.

Editor: Supriyadi

About the Author

-