Published On: Sun, Jun 19th, 2016
Kudus / Piknik | By

Bumi Perkemahan Kajar Kudus Tawarkan Panorama Hutan Pinus nan Memesona

Tri Ayu Widya Ningrum (jilbab hitam baju putih) bersama beberapa rekannya. (Koran Muria/Edy Sutriyono)

Tri Ayu Widya Ningrum (jilbab hitam baju putih) bersama beberapa rekannya. (Koran Muria/Edy Sutriyono)

Koran Muria, Kudus – Tak bisa disangkal, eksotisme dari satu landscape terkadang jadi alasan utama untuk melakukan satu perjalanan. Berbagai sebutan seperti traveler, explorer, atau turis sekali pun pangkalnya akan jatuh hati pada panorama satu destinasi, meski dalam berbagai perspektif.

Salah satu yang belakangan banyak diburu turis domestik adalah pemandangan hutan pinus. Ya, jajaran batang pohon kecil namun menjulang seakan hendak mencengkram angkasa ini cukup menyita perhatian para pecinta eksotisme. Penasaran, ingin mencicip eksotisme yang sedang tren itu? Tak usah jauh-jauh, di Kudus ternyata juga ada, yakni hutan pinus di Bumi Perkemahan Kajar, Kecamatan Dawe, Kudus.

piknik 2

Seperti halnya yang dilakukan Tri Ayu Widya Ningrum (24) asal Kecamatan Bae, Kudus. Dara manis yang juga berprofesi sebagai polisi wanita (Polwan) yang bertugas di Jakarta ini, sengaja menyempatkan diri untuk menikmati eksotisme hutan pinus di Buper Kajar ketika pulang kampung.

“Tempatnya sejuk, dan menawarkan pemandangan yang eksotis. Cocok sekali untuk sejenak menghilangkan kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Tempat ini sangat nyaman untuk berlibur dibandingkan mall yang sangat berjubel,” ujarnya.

Tak hanya sendiri, Ayu juga mengajak beberapa temannya dari Jakarta untuk menikmati keindahan hutan pinus di Buper Kajar. Hal ini juga sekaligus mengenalkan kekayaan destinasi wisata yang dimiliki Kudus kepada masyarakat luas.

“Tak salah kami mengajak teman-teman untuk berlibur di hutan pinus ini, tempatnya memang bagus dan suasananya masih alami dan asri. Teman-teman saya juga senang berlibur ke sini,” imbuhnya.

Namun demikian, dirinya menyarankan, agar fasilitas di tempat tersebut dapat ditambah. Seperti halnya, bangku taman ataupun wahana permainan lainnya. Selain itu juga, setiap pohon diberi papan nama pohon, sehingga tempat tersebut juga dapat dijadikan sebagai lokasi wisata edukasi.

piknik 4

Rekan Ayu, Fia Kurniawati (24) asal Jambi yang juga berprofesi sebagai Polwan, menyampaikan, jika hutan pinus tersebut sangat bagus dan bisa menjadi salah satu jujugan wisatawan. Di Kudus, dirinya juga memiliki kesan, jika suasananya lebih kondusif, orangnya ramah. “Di sini juga atmosfirnya lebih bersahabat,” katanya.

Untuk masuk tempat wisata ini, biasanya wisatawan dipungut retribusi Rp 7.500 per orang. Tempat wisata ini, biasanya buka setiap hari, yakni mulai pukul 08.00 hingga 15.30 WIB.

Editor : Kholistiono

 

About the Author

-