Published On: Fri, Aug 19th, 2016
Jepara | By

Warga Desa Dermolo Jepara Yakin Pecahkan Rekor Bakiak Terpanjang di Indonesia

Sejumlah pemuda antusia memecahkan rekor bakiak terpanjang. (KORAN MURIA/WAHYU KZ)

Sejumlah pemuda antusia memecahkan rekor bakiak terpanjang. (KORAN MURIA/WAHYU KZ)

 

Koran Muria, Jepara – Warga Desa Dermolo, Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara yakin berhasil memecahkan rekor bakiak terpanjang. Warga yang mayoritas para pemuda desa setempat membuat bakiak sepanjang 103 meter dan dijalankan oleh 151 orang, Jumat (19/8/2016)

Diyakini, bakiak yang dibuat dari kayu randu setebal lima sentimeter dan disambung tiap tiga meter itu memecahkan rekor Indonesia sebab secara nasional bakiak terpanjang hanya 43 meter. Bahkan, juga diyakini mendekati rekor internasional sepanjang 121 meter. Saat dijalankan secara bersama-sama pada kesempatan pertama, bakiak berhasil dijalankan sejauh 51 meter dari titik start.

”Kami meminta kepada pemerintah untuk turut membantu agar dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (Muri). Kegiatan ini merupakan inisiatif dari para pemuda untuk merayakatn HUT RI ke-71,” kata Hadi Marwanto, Ketua Dukuh Gundi RW 4 mewakili kumpulan anak muda (Regabaz T).

Menurutnya, penggunaan bakiak terpanjang itu tidak hanya dilakukan pada perayaan 17-an saja. Tapi akan terus digunakan oleh warga setempat secara bergantian tiap RT.

”Rencananya akan dimaikan tiap malam Minggu. Sebab bakiak yang dimainkan 100 orang lebih itu bisa mempererat tali silaturrahim,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Mulyaji mengatakan, hanya Dermolo yang menjadi desa di Jepara yang memecahkan rekor Muri. Dijanjikan pula akan dijadikan acuan untuk disebarkan oleh desa lainnya.

”Agar pemuda lain menyontoh kreatifitas. Dan karena terkategori melestarikan seni atau permainan tradisional maka akan dibantu sebanyak Rp 2,5 juta,” katanya.

Editor: Supriyadi

 

About the Author

-