Diterbitkan pada: Rab, Jan 11th, 2017

Penuhi Permintaan, Penjual Ikan di Jepara Saling Tukar Dagangan

Reporter:    /  @ 18:19:23  /  11 Januari 2017

Seorang pedagang saat menjajahkan dagangannya di TPI Jepara, Rabu (11/1/2017). (KORAN MURIA/EDY SUTRIYONO)

Seorang pedagang saat menjajahkan dagangannya di TPI Jepara, Rabu (11/1/2017). (KORAN MURIA/EDY SUTRIYONO)

 

Koran Muria, Jepara – Banyaknya jenis ikan yang dicari sejumlah warga di Jepara ternyata tak membuat pedagang ikan kekurangan ide. Buktinya mereka saling bertukar ikan untuk menyediakan permintaan pembeli.

Salah satu penjual ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Jepara, Sulis mengatakan, dirinya terkadang menukarkan barang atau ikannya kepada penjual lainnya supaya pembeli bisa memilih jenis ikan yang akan dibelinya.

”Kadang saya juga menukarkan ikan atau menjualkan ikan milik pedagang lainnya kepada pembeli. Sebab, para pembeli juga ingin memilih jenis ikan. Nantinya, keuntungan penjualan itu akan kita bagi dua,” katanya.

Selain itu, ikan miliknya juga terkadang dijualkan oleh pedadagang lain lantaran pedagang tersebut tak mempunyai jenis ikan yang akan dibeli oleh pelanggan atau pembeli.

”Ikan saya juga pernah dijualkan atau ditawarkan oleh pedagang lainnya kepada pelanggannya. Ya pokoknya saling tukar barang, saling menjualkan. Sebab, cuaca buruk ini memang ikan sulit didapat dan nelayan juga jarang yang melaut. Kalaupun melaut, itupun jaraknya hanya dekat saja. Sehingga hasilnya kurang banyak,” paparnya.

Dengan adanya kondisi semacam itu, para penjual ikan juga mendaparkan pasokan ikan dari nelayan dengan cara disamaratakan. “Kita membelinya juga disamaratakan. Supaya, tidak ada pengepul yang membeli barang dari nelayan dengan jumlah yang besar atau dimonopoli,” ungkapnya.

Dari pantauan di lapangan, rata-rata ikan yang dijual saat ini, yakni jenis cumi-cumi, tempurungan dan udang. Untuk jenis ikan lainnya cukup sulit didapat karena cuaca ekstrem yang melanda perairan Jepara.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar



© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status