Published On: Thu, Mar 30th, 2017
Food | By

Amankah Es Tebu Bagi Pengidap Diabetes ?

Salah satu penjual es tebu di Kudus. Banyak yang menyakini jika es tebu aman untuk penderita diabetes, namun itu tidak disarankan oleh ahli medis. (KORAN MURIA / FAISOL HADI)

 

Koran Muria, Kudus – Belakangan terakhir, beredar kabar pengidap diabetes (diabetesi) boleh mengonsumsi tebu atau es tebu. Malahan, sebagian masyarakat malah meyakini kalau es tebu baik lantaran berbahan murni atau asli.

Padahal air tebu mempunyai kadar gula yang cukup tinggi, dan ini menjadi pantangan bagi para penderita diabetes.

Seperti dikatakan Ahmad warga Kecamatan Kota, Kudus. Ia juga sering mendengar jika para diabetesi boleh mengonsumsi es tebu. Bahkan, ada yang mengikuti saran masyarakat dalam hal mengkonsumsi es tebu tersebut.

“Kebetulan saya juga penderita, jadi paham kalau banyak yang menyarankan untuk mengkonsumsi es tebu ini,” katanya kepada Koran Muria, Kamis (30/3/2017).

Hanya, pihaknya tak sepenuhnya yakin akan hal tersebut. Sebaliknya, dia khawatir jikalau efek samping malah lebih banyak, sehingga mengeluarkan uang lebih banyak pula buat biaya pengobatan.

Dokter senior di RS Mardi Rahayu dr Pujianto mengatakan, sebenarnya es tebu berbahaya bagi penderita diabetes. Karena, bagaimanapun tebu merupakan bahan makanan yang menyumbangkan gula pada tubuh.

“Bahkan gula itu dari tebu. Jadi, sumbernya gula malah. Jadi jika dikonsumsi dapat membahayakan bagi penderita,” ujarnya.

Dijelaskan, diabetes adalah kerusakan pangkreas, sehingga gula tak bisa dikelola. Makanan yang bersumber gula juga cukup banyak, dan khususnya yang punya rasa manis-manis. Nasi juga punya kadar gula cukup tinggi. 

Dia mengakui kalau masyarakat umum banyak yang mempercayai jika es tebu aman untuk penderita diabetes. Padahal, efeknya bisa lebih fatal karena dengan adanya sumber gula tersebut.

Editor : Ali Muntoha

About the Author

-