Published On: Tue, Apr 4th, 2017

Karangbener Kudus Jadi Desa OJK Pertama di Indonesia

Pencanangan Desa karangbener, Kecamatan Bae, Kudus, sebagai Desa Pandai OJK pertama di Indonesia. (KORAN MURIA / FAISOL HADI)

 

Koran Muria, Kudus – Kabupaten Kudus kembali menorehkan prestasi dalam hal percontohan tingkat nasional. Desa Karangbener, Kecamatan Bae, Kudus, dipilih Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai Desa Pandai pertama di Indonesia.

Peresmian dilakukan Wakil Ketua Komisioner OJK, Rahmat Waluyanto, Senin (3/4/2017). Dalam sambutannya, Rahmat mengatakan OJK bersama tim yang meliputi industri jasa keuangan dan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kudus membentuk Desa Pandai. Itu dilakukan guna meningkatkan perekonomian serta meningkatkan keuangan daerah.

“Saya berikan apresiasi yang tinggi atas inisiatif dari kantor OJK regional 3 di bawah pimpinan Moch Ihsanuddin, yang menggandeng industri jasa keuangan dan TPKAD Kudus.  Desa Pandai OJK ini merupakan sebuah desa  capacity building dalam meningkatkan literasi keuangan bagi penduduk desa, yang akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan,” katanya saat sambutan di SMP 4 Bae.

Menurutnya, konsep Desa OJK yang pertama ini akan dijadikan percontohan untuk dapat direalisasikan ke desa-desa lainnya di Jawa Tengah, bahkan seluruh Indonesia. Targetnya, adalah seluruh desa dapat menjadi Desa Pandai.

Progam tersebut, dalam rangka pencapaian target indeks inklusi keuangan  yang direncanakan pemerintah sebesar 75 persen di 2019 mendatang.

Sementara, Kepala OJK Regional 3 Moch Ihsanuddin menyampaikan, Desa Pandai OJK nantinya akan berisi progam yang menyasar seluruh masyarakat di desa itu. Antara lain progam Ramah Anak, seperti gerakan menabung pada anak, internet yang sehat dan aman untuk anak.

Kemudian Progam Talenta Remaja yang menggandeng Karang Taruna Pandai, dengan pengelanan bisnis online dan startup, serta memberikan edukasi bagaimana mengelola keuangan desa di kalangan remaja.

Selain itu, ada juga progam bisnis yang benar dengan progam pemetaan potensi unggulan di Desa Pandai, Pendampingan Pengelolaan UMKM.

“Terimakasih kepada anggota Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan ForKom-IJK yang terdiri dari sejumlah bank, telah membantu dan berpartisipasi secara langsung dalam pembentukan Desa Pandai OJK ini,” pungkasnya.

Editor : Ali Muntoha

About the Author

-