Published On: Sun, Apr 16th, 2017
Food / Rembang | By

Atasi Nyeri Haid dengan Konsumsi Daun Pepaya

ILUSTRASI

Koran Muria, Rembang – Daun pepaya sering dianggap sebelah mata bagi sebagian orang. Padahal ada banyak manfaat yang bisa didapat dari mengonsumsi daun pepaya.

Daun pepaya bisa dimasak sebagai sayur, namun karena rasanya yang pahit, maka banyak orang yang tidak menyukainya. Padahal, daun pepaya yang punya rasa pahit ini bisa kita manfaatkan sebagai bahan membuat jamu untuk meredakan nyeri saat haid.

Tidak sedikit wanita mengalami nyeri atau mual bahkan sampai pingsan saat haid, baik di awal atau akhir menstruasi. Penyebab wanita merasakan sakit saat haid adalah karena adanya penyumbatan di saluran tempat keluarnya darah haid.

Untuk meredakan rasa nyeri saat haid, Anda bisa menggunakan 1 lembar daun pepaya yang kemudian direbus dengan segelas air.

Setelah itu, rebusan itu juga dicampur dengan  asam jawa dan garam secukupnya. Setelah mendidih, selanjutnya, minum selagi hangat, maka rasa nyeri haid nantinya akan berkurang.

Untuk diketahui, daun pepaya (juga ada pada batang dan buah) memiliki getah berwarna putih, mengandung enzim yang bernama papain. Selain enzim papain, daun pepaya juga memiliki kandungan zat lain seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, besi, air, kalori dan carposide (berkhasiat sebagai obat cacing).

Editor : Kholistiono

About the Author

-