Published On: Thu, Apr 27th, 2017

Dikucuri Modal dari Semen Indonesia, Begini Nasib Bakul Sayur Keliling di Rembang

Salah satu penjual sayur keliling yang tergabung dalam PB2KR. (KORAN MURIA/EDY SUTRIYONO)

 

Koran Muria, Rembang – Sejumlah pedagang (bakul) sayur keliling di Kabupaten Rembang yang tergabung dalam Paguyuban Bakul Belanja Rembang (PB2KR) mengaku sudah tak pusing memikirkan modal. Pasalnya mereka mendapatkan kucuran modal usaha dari PT Semen Indonesia.

Modal usaha itu dikucurkan melalui Bank mandiri. Modal tersebut dikucurkan dengan bunga rendah, sehingga para bakul keliling ini merasa cukup terbantu.

Setiap anggota PB2KR mendapat kucuran modal sekitar Rp 3 juta, dan diangsur selama 18 bulan. Harti (50), salah satu anggota PB2KR mengaku usahanya semakin lancar dengan adanya modal tersebut.

Warga Desa Sendang Agung Setro, Kecamatan Kaliori tersebut mengaku kini bisa melebarkan usahanya dan bisa memenuhi kebutuhan pelanggannya.

“Sebelum adanya modal itu, saya hanya punya toko kecil-kecilan di rumah. Setelah dapat modal, saya bisa melebarkan usaha dengan jualan keliling. Toko saya yang ada di rumah, dijaga anak perempuan saya. Secara otomatis, usaha saya bisa berkembang,” ucapnya.

Untuk sekali belanja kebutuhan yang akan dijual ke pelanggan, ia harus menghabiskan dana sebesar Rp 500 ribu dan meraup untung sekitar Rp 100 ribu per hari.

“Saat ini angsuran modal itu sudah berjalan selesai. Alhamdulillah bisa lancar membayar, sebab bunga dikenakan hanya sekitaran yakni 0,5 hingga 1 persen saja. Ya mudahan-mudahan nantinya bisa diberikan kembali. Sebab katanya, bilamana bisa lunas tepat waktu akan bisa diberikan lagi modalnya,” pungkasnya. (nak)

Editor : Ali Muntoha

About the Author

-