Diterbitkan pada: Sel, Mei 2nd, 2017

Tangan ’Ajaib’ Pemuda Jepara Ini Sulap Drum Bekas Jadi Uang Puluhan Juta Rupiah

Reporter:    /  @ 13:00:09  /  2 Mei 2017

Nur Mustakim (22) saat menyulap drum bekas jadi barang bernilai tinggi. (KORAN MURIA/PADHANG PRANOTO)

 

Koran Muria, Jepara – Punya tong atau drum bekas? Eiits!!! jangan buru-buru dibuang atau ditelantarkan begitu saja! Siapa tahu anda bisa memanfaatkannya untuk membuat kursi atau meja. Bahkan, dengan sedikit kreativitas barang-barang itu bisa laku dijual dan menambah pundi-pundi rupiah.

Seperti Nur Mustakim (22), bermula dari keisengennya merajah drum bekas cat dengan berbagai lukisan dan mengubahnya menjadi kursi ataupun sofa. Pemuda asli Desa Ngabul RT 3/RW 1, Kecamatan Tahunan itu, kini menjadi pengusaha sukses dan memiliki sebuah bengkel kerja dan beberapa pegawai.

Selain itu, omzet yang diraupnya mencapai Rp 20 juta, perbulan. Kepada Koran Muria, ia berkisah mengenai kreativitasnya mengubah barang bekas menjadi bernilai jual tinggi.

Dua tahun yang lalu, bermula dari hobinya melukis ia lantas memberanikan diri membuat ornamen hias dari kayu. Setelahnya, ia juga coba mengkreasikan bakatnya pada medium tong bekas cat.

Tak dinyana, kreasinya itu disambut hangat oleh pasar. Promosi gethok tular alias mulut ke mulut pun menjadikannya besar.

“Awalnya dari hobi saya melukis kemudian saya mencobanya pada medium kayu, lalu tong bekas cat dan akhirnya membuat kursi dari drum. Modalnya pun tak banyak, sekitar 500 ribu,” ucap Mustakim, Senin (1/5/2017).

Order kemudian berdatangan, dari luar Jepara. Kreasinya itu terutama diminati oleh para pemilik kafe.

Setelah kreasi kursi tanpa sandaran dari tong bekas cat mulai ditiru banyak orang. Ia lantas beralih membuat kursi dari drum. Ia mengkreasikannya dengan berbagai material seperti busa yang menjadikannya mirip dengan sofa.

“Padahal saya tidak ada basic sebagai perajin furnitur. Dulu saya sekolahnya pun tidak desain tapi jurusan komputer di SMK Balekambang,” tuturnya.

Mustakim berkata, kemampuannya mengkreasikan drum maupun tong bekas pakai, ia pelajari seorang diri. Kini kreasinya itu, bisa melanglang buana hingga menembus pasar Singapura, Inggris, Australia. Didalam negeri, buatan Mustakim juga bisa ditemukan di Jakarta, Ambon, Bali dan Semarang.

Dalam sehari ia bisa paling tidak menyelesaikan satu hingga tiga set kursi drum bersama para karyawannya.

 

Kursi berbahan baku drum bekas buatan Nur Mustakim siap dijual. (KORAN MURIA/PADHANG PRANOTO)

 

Berkreasi

Mengkhususkan diri pada pembuatan perabot kafe, tantangan yang dihadapinya justru berasal dari penggalian ide. Menurutnya, kunci dari bisnis yang ditekuni adalah kreasi.

“Orang-orang sekarang justru suka dengan barang yang unik. Seperti kursi dari drum, kan tidak lazim. Namun bentuk tersebut justru digemari,” ungkap Mustakim.

Disamping itu, tren meubelair kedepan adalah barang yang memiliki nilai fungsional. Seperti kreasi wastafel dari drum, lemari, atau bahkan lampu gantung.

“Bagi saya yang penting fungsi dari barang tersebut. Dan banyak yang menyukai konsep itu,” imbuhnya.

Untuk kursi drum, ia banderol dengan harga Rp 800 ribu hingga jutaan rupiah. Hal itu bergantung pada kreasi dan kombinasi barang-barang tersebut. Padahal, jika masih berbentuk drum habis pakai, harganya hanya berkisar ratusan ribu. Namun setelah dipoles dan dipadupadankan dengan berbagai material, justru mengangkat nilai ekonomis barang bekas.

Disinggung mengenai peluang bisnis, Mustakim berucap ceruknya masih sangat besar. Menurutnya, jika mau dan tekun ada berbagai kesempatan berusaha di bidang industri kreatif.

Disamping itu, ia juga mendorong calon usahawan untuk tak ragu mencoba.

“Mengapa harus takut mencoba, itu ibarat pergi berperang tetapi sudah kalah duluan. Mengapa takut tak laku, kalau kita mau berusaha dan belajar serta berkualitas barang kita pasti di pasarkan melalui mulut ke mulut,” pungkas pria berambut cepak itu.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada 5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status