Diterbitkan pada: Sen, Jun 5th, 2017

Rita Fatmala, Jutawan Cantik Asal Jepara yang Sukses dari Jualan Kosmetik

Reporter:    /  @ 09:00:56  /  5 Juni 2017

Rita Fatmala Puspa, pengusaha kosmetik asal Jepara. (istimewa)

 

KoranMuria, Jepara – Ada yang masih penasaran resep menjadi pengusaha sukses? Jawabnya ketekunan dan sedikit nekat! Tak percaya? Mari ikuti cerita perjalanan sosok Rita Fatmala Puspa, si cantik asal Jepara yang kini telah memiliki dua toko kosmetik beromzet Rp 30 juta. Dari usahanya ia juga bisa swadaya membiayai kuliah, tanpa menengadahkan tangan kepada orang tua.

Rita, begitu dara asal Desa Wedelan, Bangsri itu biasa disapa. Kepada Koran Muria ia berkisah tentang kuliah dan usaha yang kini digelutinya, Jumat (2/6/2017) sore.

”Sibuk kuliah dan urus usaha kosmetik. Alhamdulillah saya sekarang punya dua toko, satu di depan rumah milik nenek saya dan satunya lagi di Jepara Satu (Potroyudan),” ujarnya.

Ia memaparkan, usahanya dimulai saat dirinya ingin sekali mengenyam bangku kuliah. Namun apa daya, orang tuanya saat itu tak punya biaya untuknya, sedangkan kakak-kakaknya juga tengah berkuliah.

Gusar, lantas ia nekat berjualan kosmetik secara online (daring-dalam jaringan), melalui Cash on Delivery (COD). Bermodalkan uang Rp 100.000, Rita mulai menjamah konsumen lewat jejaring media sosial. Namun semua itu ia lakukan diam-diam.

”Dulu waktu kelas dua SMK, saya pernah ikut Multi Level Marketing, sampai harus pinjam bank dan mengangsur sebesar Rp 500.000 per bulan. Dari situ saya jatuh, tak punya apa-apa. Saya mencicil dari uang saku setiap bulan. Saya juga merasa sudah mengecewakan orang tua saya,” kata lulusan SMKN 3 Jepara Jurusan Manajemen itu.

Tepatnya Desember 2015, ia mulai menekuni bisnis kosmetik daring. Rumahnya yang berada di Jepara bagian utara tak mencegahnya berjualan secara COD. Ia nekat mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk menebus bangku kuliah.

Berbekal pundi-pundi tersebut,  pada awal tahun 2016 ia kemudian nekat merombak gudang bekas toko kelontong milik ibunya menjadi toko kosmetik. Tak lupa ia memberikan sebuah nama “Toko Kosmetik Kita”.

Meskipun mendirikan toko dari hasil keringatnya sendiri, namun usahanya itu sempat ditentang oleh orang tuanya. Namun setelah tahu bahwa omzet yang diperolehnya mencapai puluhan juta, perbulan, Rita lantas mendapat izin.

Rupanya usahanya pun berkembang. Hingga pada akhirnya, pada Bulan Desember 2016 ia membuka cabang tokonya di wilayah Jepara Kota.

”Buka cabang toko juga dapat tentangan dari orang tua. Kenapa tidak fokus pada toko yang telah ada sih,” kenang Rita menirukan  kata orang tuanya.

Namun dara kelahiran 11 Juni 1997 gigih dengan pendiriannya. Tak ambil pusing, ia lantas menelpon pemilik kios yang memindah tangankan kiosnya. Akhirnya ia resmi memiliki cabang pertamanya, meskipun harga sewanya lumayan tinggi lima juta rupiah, untuk sebulan.

Dari usahanya itu, ia mengaku bisa memeroleh omzet hingga puluhan juta rupiah. Rerata ia meraih sekitar Rp 20 juta perbulan, namun jika sedang ramai bisa mencapai Rp 30 juta.

 

Rita Fatmala Puspa, pengusaha kosmetik asal Jepara beromzet Rp 30 juta perbulan. (istimewa)

Terjang Rintangan : Kunci Sukses

Selama tiga tahun menjalankan bisnis jual beli kosmetik, ia mengaku banyak rintangan yang ia alami. Namun ia menjadikan itu sebagai bumbu perjalanan kisahnya.  Apalagi diawalnya, ia sempat terkungkung di rumahnya, karena kegagalan beruntun yang menerpanya.

”Pertama saya gagal masuk kuliah di Unnes. Lantas selama setahun setelah lulus saya berdiam diri di rumah. Hingga akhirnya saya sakit, dan pikiran saya ini seolah tertutup. Baru di akhir tahun 2015 saya bisa bangkit dan memulai usaha,” ujarnya.

Tak sampai disitu, saat pertama kali berjualan daring melalui sistem COD ia pernah menunggu konsumennya hingga dua jam. Padahal jarak rumahnya ke tempat pelanggan terbilang jauh, puluhan kilometer.

Ketika berhasil membuka toko kosmetik pun ia ditempa masalah. Handphone properti toko miliknya, digelapkan oleh karwawatinya sendiri. Namun Rita tak pernah mempermasalahkan hal itu.

”Kalau ditanya kenapa bisa mendirikan sampai dua toko, karena saya fokus menggunakan hasil jualan untuk membesarkan toko. Tidak dihambur-hamburkan. Hanya satu persen yang masuk kekantong pribadi, sisanya saya larikan ke toko. Namun seperti itu, setelah membuka toko pun banyak sekali rintangannya,” imbuh Rita yang berhobi jalan-jalan itu.

Sekarang, Rita tengah menikmati hasil peluh keringatnya. Cita-citanya berkuliah terlunasi. Kini ia semester dua di Jurusan Manajemen Unisnu Jepara. Uang semesteran sebesar Rp 2 juta pun bisa ia tanggung sendiri, begitu juga dengan uang sangu nya tak menengadah tangan.

Namun segudang asa masih tersimpan di benaknya. Ia ingin melebarkan sayap usaha dagang kosmetik ke Kabupaten tetangga. Selain itu, ia juga berkeinginan untuk mapan di usia seperempat abad.

”Saya ingin memperbanyak cabang ke Kudus atau Semarang. Selain itu, ketika umur saya 25 tahun, saya memunyai keinginan sudah hidup mapan, memiliki keluarga tanpa memikirkan lagi usaha untuk cari uang. Ketika di usia tersebut saya menikah, maka saya ingin menjadi ibu rumah tangga saja,” ucap Rita penuh optimis.

Ditanya mengenai resep menjadi pengusaha, ia mengatakan satu hal. “Jalankan usahanya sekarang, jangan menunda-nunda!”. Tutup  Rita.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Tradisi Sowan Kiai Jadi Kunci Sukses Abdul Hadi Pimpin Warga Nahdliyin di Kudus

27 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tradisi Sowan Kiai Jadi Kunci Sukses Abdul Hadi Pimpin Warga Nahdliyin di Kudus

Mbah Maimoen Zubair, Ulama Kharismatik Gudangnya Ilmu Pengetahuan

26 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Mbah Maimoen Zubair, Ulama Kharismatik Gudangnya Ilmu Pengetahuan

KH Sya’roni Achmadi, Kiai Tanpa Pesantren yang Selalu Dihormati

25 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada KH Sya’roni Achmadi, Kiai Tanpa Pesantren yang Selalu Dihormati

Ustaz Mushofa, Imam Termuda di Muda Masjid Agung Baitunnur Pati

24 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ustaz Mushofa, Imam Termuda di Muda Masjid Agung Baitunnur Pati

Kelola Tingkat Stres, Sakit Kepala Bakal Kabur

23 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Kelola Tingkat Stres, Sakit Kepala Bakal Kabur
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status