Published On: Tue, Jun 13th, 2017

Celana Longgar Bisa Jadi Jimat Penderita Maag Saat Berpuasa

Ilustrasi. (Pixabay)

 

Koran Muria, Kudus – Penderita penyakit asam lambung atau yang biasa dikenal dengan maag memang cukup repot saat harus menjalani puasa. Karena salah sedikit saja, maka puasa akan menjadi siksaan.

Ada berbagai tips dan cara yang dianjurkan tim medis bagi penderita maag agar bisa lancar berpuasa. Mulai dari disarankan tak boleh langsung tidur habis sahur, dan pola konsumsi makanan serta lainnya.

Selain itu, ada cara lain yang bisa diterapkan, dan ini cukup simpel. Yakni dengan mengenakan celana yang longgar atau celana kolor. Celana yang terlalu ketat bisa menekan perut dan memperberat refluks.

Tekanan yang dimunculkan celana ketat ini dapat memicu isi perut terpancing kembali ke esofagus, dan menyebabkan pengidapnya muntah. Agar lebih aman, gunakan celana yang lebih longgar di sekitar perut, untuk menghindari berbaliknya asam lambung.

Hampir Semua Ibu Hamil Terserang Asam Lambung, Begini Mengatasinya

Di sisi lain, pengidap asam lambung juga bisa selalu mengatur posisi tidur yang benar. Sebab posisi tidur yang salah  juga tanpa disangka mampu meningkatkan gangguan akibat asam lambung.

Seperti halnya saja,  sesudah makan sahur atau berbuka puasa langsung tidur berbaring lantaran di dalam perut merasa terisi dengan penuh atau merasa kenyang. Namun ketika lambung terisi penuh, posisi berbaring sangat memudahkan  isi lambung,  termasuk asam lambung, berbalik arah ke kerongkongan dan bisa muntah kembali.

Disarankan oleh banyak ahli medis untuk berbaring ke sisi kiri. Karena  asam lebih sulit mengalami refluks ke esofagus.

Editor : Ali Muntoha

 

About the Author

-