Diterbitkan pada: Sel, Jun 13th, 2017

Uang Rupiah Desain Baru Masih Jarang Dijumpai, Ini Sebabnya

Reporter:    /  @ 17:00:54  /  13 Juni 2017

Warga tengah menarik uang di ATM BRI Kudus. Tak semua ATM di Kudus sudah menyediakan uang model terbaru. (KORAN MURIA / FAISOL HADI)

 

Koran Muria, Kudus – Bank Indonesia (BI) telah cukup lama mengeluarkan uang dengan desain baru. Namun hingga saat ini uang dengan desain baru itu masih jarang dijumpai beredar di masyarakat, terutama di Kabupaten Kudus.

Subkhan Efendi, Manager Operasional BRI Cabang Kudus mengungkapkan alasan pecahan terbaru uang rupiah masih jarang dijumpai. Hal itu menurut dia, karena BI mendistribusikan pecahan anyar dalam sistem bertahap.

“Seperti halnya saat ini yang kami terima. Dari jumlah Rp 676 miliar, tak semuanya uang pecahan model baru. Meskipun semuanya merupakan uang baru dari BI, namun modelnya masih campur dengan model yang lama,” katanya kepada Koran Muria.

Menurut Efendi, uang baru dengan versi baru dan uang baru cetakan lama masih beredar dan disah digunakan sebagai alat pembayaran.

Menurut dia, tiap pecahan uang memiliki nomor seri  yang berbeda-beda. Dimungkinkan, BI sebelumnya sudah memiliki stok uang baru dengan cetakan yang lama. Sehingga, sambil mendistribusikan uang modelnya baru, uang lama yang masih dalam stok juga didistribusikan.

Karena tak semuanya uang model baru, maka ATM yang tersebar di Kudus juga tak semuanya tersebar uang model baru. Bahkan, di ATM kantor BRI saja baru Jumat (9/6/2017) lalu diisi dengan pecahan uang jenis baru. Itupun hanya beberapa ATM saja yang sudah demikian.

“Sampai saat ini, untuk pecahan Rp 50 dan Rp 100 ribu dengan desain baru, baru di ATM BRI pusat saja yang sudah ada. Sedangkan lainya menyusul karena menyesuaikan,” ucapnya.

Sejumlah masyarakat bertanya-tanya tentang keberadaan uang baru tersebut. Seperti misalnya Indah, warga kota Kudus. Dia penasaran kenapa keberadaan uang baru masih sulit ditemui di Kudus.

“Tak kira setelah uang baru diumumkan, semua ATM sudah memiliki uang baru. Namun ternyata tidak, karena saat narik masih uang lama yang keluar,” ucapnya.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada 5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status