Diterbitkan pada: Jum, Jun 16th, 2017

Juwet, Buah Langka yang Ampuh Obati Diabetes

Reporter:    /  @ 09:43:41  /  16 Juni 2017

warasfarm.wordpress.com

 

Koran Muria, Grobogan – Beberapa tahun lalu, keberadaan pohon juwet dengan mudah bisa didapatkan. Soalnya, waktu itu masih banyak orang yang memiliki pohon juwet. Biasanya, pohon ini terdapat di pekarangan rumah.

Seiring perjalanan waktu, keberadaan pohon juwet atau juga dikenal dengan nama jamblang dan duwet ini mulai susah dijumpai. Pohon-pohon yang ditanam mulai ditebangi.

Salah satu alasannya, buah juwet sudah tidak diminati lagi lantaran orang lebih memilih buah jenis lainnya. Karena kondisi inilah, pohon juwet akhirnya ditebang dan digantikan dengan tanaman buah lainnya.

Saat ini, memang masih ada yang memelihara pohon yang bentuk buahnya mirip dengan anggur tersebut. Mereka mempertahankan pohon yang sudah langka ini, karena bisa mengambil manfaat buah juwet untuk kesehatan.

“Dibandingkan buah anggur atau jeruk, memang rasa juwet kalah segar dan enak. Tetapi, manfaatnya bagi kesehatan ternyata tidak sedikit,” ujar Hidayat, warga Kecamatan Toroh, Grobogan.

Menurutnya, buah juwet yang rasanya cenderung masam diyakini bisa mengobati penyakit diabetes. Beberapa penderita diabetes sering minta juwet ketika waktunya berbuah.

Dari berbagai sumber diketahui, buah juwet memang memiliki beberapa kandungan senyawa kimia. Misalnya, senyawa jambosin, alkaloid dan juga glikosida jambolin atau antimelin, yang merupakan senyawa-senyawa yang mampu menghambat konversi diastatik pati menjadi gula.

Hal inilah yang menjadikan buah juwet bisa menjadi obat alami bagi penderita penyakit diabetes.

Selain itu, senyawa flavonoid dan antioksidan ditemukan cukup tinggi dalam buah jamblang. Senyawa ini berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Kandungan vitamin dalam buah juwet juga cukup tinggi. Vitamin tersebut bisa bermanfaat untuk mengobati sakit jantung serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Tradisi Sowan Kiai Jadi Kunci Sukses Abdul Hadi Pimpin Warga Nahdliyin di Kudus

27 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tradisi Sowan Kiai Jadi Kunci Sukses Abdul Hadi Pimpin Warga Nahdliyin di Kudus

Mbah Maimoen Zubair, Ulama Kharismatik Gudangnya Ilmu Pengetahuan

26 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Mbah Maimoen Zubair, Ulama Kharismatik Gudangnya Ilmu Pengetahuan

KH Sya’roni Achmadi, Kiai Tanpa Pesantren yang Selalu Dihormati

25 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada KH Sya’roni Achmadi, Kiai Tanpa Pesantren yang Selalu Dihormati

Ustaz Mushofa, Imam Termuda di Muda Masjid Agung Baitunnur Pati

24 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ustaz Mushofa, Imam Termuda di Muda Masjid Agung Baitunnur Pati

Kelola Tingkat Stres, Sakit Kepala Bakal Kabur

23 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Kelola Tingkat Stres, Sakit Kepala Bakal Kabur
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status