Diterbitkan pada: Jum, Jun 16th, 2017

Juwet, Buah Langka yang Ampuh Obati Diabetes

Reporter:    /  @ 09:43:41  /  16 Juni 2017

warasfarm.wordpress.com

 

Koran Muria, Grobogan – Beberapa tahun lalu, keberadaan pohon juwet dengan mudah bisa didapatkan. Soalnya, waktu itu masih banyak orang yang memiliki pohon juwet. Biasanya, pohon ini terdapat di pekarangan rumah.

Seiring perjalanan waktu, keberadaan pohon juwet atau juga dikenal dengan nama jamblang dan duwet ini mulai susah dijumpai. Pohon-pohon yang ditanam mulai ditebangi.

Salah satu alasannya, buah juwet sudah tidak diminati lagi lantaran orang lebih memilih buah jenis lainnya. Karena kondisi inilah, pohon juwet akhirnya ditebang dan digantikan dengan tanaman buah lainnya.

Saat ini, memang masih ada yang memelihara pohon yang bentuk buahnya mirip dengan anggur tersebut. Mereka mempertahankan pohon yang sudah langka ini, karena bisa mengambil manfaat buah juwet untuk kesehatan.

“Dibandingkan buah anggur atau jeruk, memang rasa juwet kalah segar dan enak. Tetapi, manfaatnya bagi kesehatan ternyata tidak sedikit,” ujar Hidayat, warga Kecamatan Toroh, Grobogan.

Menurutnya, buah juwet yang rasanya cenderung masam diyakini bisa mengobati penyakit diabetes. Beberapa penderita diabetes sering minta juwet ketika waktunya berbuah.

Dari berbagai sumber diketahui, buah juwet memang memiliki beberapa kandungan senyawa kimia. Misalnya, senyawa jambosin, alkaloid dan juga glikosida jambolin atau antimelin, yang merupakan senyawa-senyawa yang mampu menghambat konversi diastatik pati menjadi gula.

Hal inilah yang menjadikan buah juwet bisa menjadi obat alami bagi penderita penyakit diabetes.

Selain itu, senyawa flavonoid dan antioksidan ditemukan cukup tinggi dalam buah jamblang. Senyawa ini berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

Kandungan vitamin dalam buah juwet juga cukup tinggi. Vitamin tersebut bisa bermanfaat untuk mengobati sakit jantung serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada 5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status