Published On: Sat, Jun 17th, 2017

Ternyata Sikat Gigi yang Tepat Bukan Saat Mandi

 

Koran Muria, Pati – Sebagian besar orang menggosok gigi sesuai anjuran dokter, yakni dua kali sehari. Sayangnya, kebanyakan dari mereka melakukan gosok saat mandi.

Pertama, mereka gosok gigi pada saat mandi pagi sekitar pukul 06.30 WIB. Kedua, gosok gigi dilakukan pada saat mandi sekitar pukul 17.00 WIB.

Padahal, gosok gigi yang tepat bukan saat mandi, tetapi dilakukan setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Sebab, esensi gosok gigi adalah bersih-bersih sisa makanan di sela-sela gigi.

Hal itu dibenarkan Dekan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Dr drg Yosi seperti dikutip detik.com. “Banyak yang berpikir waktu gosok gigi yang tepat saat mandi. Padahal seharusnya sekali sesudah makan pagi dan sebelum tidur,” ungkap Yosi.

Dikatakan, gosok gigi yang tepat bukan persoalan seberapa sering seseorang menyikat gigi, tetapi lebih kepada teknik menyikat yang benar dan waktunya. Karena itu, dia menyarankan agar kebiasaan menyikat gigi saat mandi harus diubah.

Setelah sarapan pagi, sisa makanan dalam gigi harus segera dihilangkan. Pada siang, sore dan malam, seseorang akan makan berkali-kali dan banyak sisa-sisa makanan dalam gigi.

Nah, saat itulah gigi harus segera dibersihkan sesaat sebelum tidur malam. Sementara tidur yang efektif berkisar antara jam 22.00 WIB sampai jam 23.00 WIB.

Sebelum gosok gigi, seseorang disarankan untuk berkumur-kumur terlebih dahulu. Tidak harus menggunakan obat kumur, air saja dianggap sudah sangat cukup asal bisa melepaskan sisa-sisa makanan.

Setelah kumur dirasa cukup, kemudian dilanjutkan dengan gosok gigi. Gosok gigi harus secara rutin dilakukan sesudah sarapan pagi dan malam sebelum tidur agar bakteri pembusuk makanan tidak berkembang yang akhirnya dapat merusak gigi.

Editor : Ali Muntoha

About the Author

-