Diterbitkan pada: Sab, Jun 17th, 2017

Hisam Bastomi, Terima Amanah Imam Masjid Agung Jepara Setelah Dipinang 3 Kali

Reporter:    /  @ 09:00:30  /  17 Juni 2017

 

Hisam Bastomi, Imam Masjid Agung Jepara. (KORAN MURIA/PADHANG PRANOTO)

 

 Koran Muria, Jepara – Bagi Hisam Bastomi (44), menjadi imam di Masjid Agung Jepara ‘Baitul Makmur’ tak pernah terbersit di pikirannya. Namun kini, amanat itu diembannya sebagai pengabdian dan upaya mendekatkan diri kepada Allah. 

Waktu kali pertama resmi menjabat sebagai Imam Masjid Agung Jepara, dirinya baru berusia 38 tahun. Sebelum memangku amanah tersebut, ia mengaku sempat dipinang oleh pihak takmir beberapa kali namun ditolaknya. 

“Saat itu ada utusan dari masjid yang datang ke rumah untuk meminang saya sebagai imam, namun saya tolak. Karena posisinya saat itu saya masih merawat orang tua (mertua) saya yang sakit,” ucap warga Saripan, Kota Jepara itu, beberapa saat lalu.

Padahal, lanjut Hisam, saat itu tengah dibuka pendaftaran menjadi imam di masjid tersebut. Meskipun mengetahuinya, namun dirinya tak tertarik akan hal itu.

Hisam mengatakan, sebanyak dua kali petugas dari masjid agung mendatanginya, namun karena merasa belum mampu, ia menolaknya. Akan tetapi, takmir rupanya tak patah arang, mereka datang untuk ketiga kalinya, guna menawarkan posisi tersebut kepada Hisam.  

Akhirnya, pada kunjungan ketiga, Hisam mengiyakan tawaran dari petugas masjid. Namun itu pun hanya untuk menggantikan posisi imam definitif yang sedang berhalangan hadir, untuk salat maghrib dan isya saja. 

“Saat itu saya ditawari lagi, namun saya rasa masih berat karena mengimami salat lima waktu, sedangkan saya juga memiliki warung di pasar,” kenang Hisam, yang berasal dari Sidoarjo itu. 

Namun Tuhan berkehendak lain, orang tuanya yang saat itu sakit kemudian meninggal dunia. Dari situ, ia lantas menyanggupi permintaan takmir masjid agung Jepara untuk menjadi imam. Pada tahun 2011, Hisam mulai mengemban tugas sebagai Imam. 

 

Dimimpikan Jadi Imam

Menjadi imam Masjid Agung Jepara merupakan hal istimewa bagi Hisam. Lantaran, bangunan itu termasuk dalam bangunan bersejarah, yang terbangun sekitar tahun 1.400an. Selain itu, ia juga mendapat pengalaman unik.

“Setelah saya menjadi imam masjid, ada yang datang kepada saya kalau tidak salah putranya Mbah Fauzan. Ia bilang pernah memimpikan bahwa yang akan menjadi imam masjid ini akan bernama Hisam,” ceritanya.

Terlepas dari peristiwa ‘mistik’ tersebut, ia mengaku posisinya sebagai imam merupakan kehendak Allah. Sempat tidak direstui oleh mertuanya, namun kini ia merasakan betul berkah Illahi. 

“Awal ngimami disini sama sekali tak masuk akal. Kemudian dengan bisaroh (honor) yang sekian ini, alhamdulilah bisa mendaftarkan haji. Memang berkah. Daripada pada waktu berjualan di pasar dulu, sibuk dan banyak uang memang, namun disini (masjid) saya rasakan benar berkahNya,” tuturnya, yang kini memilih menyewakan warungnya. 

Terakhir ia menyampaikan, agar warga Jepara memakmurkan masjid. “Barang siapa yang memakmurkan masjid, uripe nguripi mesjid, maka hidupnya niscaya akan dimakmurkan oleh Tuhan,” tutup Hisam.  

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Tradisi Sowan Kiai Jadi Kunci Sukses Abdul Hadi Pimpin Warga Nahdliyin di Kudus

27 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tradisi Sowan Kiai Jadi Kunci Sukses Abdul Hadi Pimpin Warga Nahdliyin di Kudus

Mbah Maimoen Zubair, Ulama Kharismatik Gudangnya Ilmu Pengetahuan

26 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Mbah Maimoen Zubair, Ulama Kharismatik Gudangnya Ilmu Pengetahuan

KH Sya’roni Achmadi, Kiai Tanpa Pesantren yang Selalu Dihormati

25 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada KH Sya’roni Achmadi, Kiai Tanpa Pesantren yang Selalu Dihormati

Ustaz Mushofa, Imam Termuda di Muda Masjid Agung Baitunnur Pati

24 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ustaz Mushofa, Imam Termuda di Muda Masjid Agung Baitunnur Pati

Kelola Tingkat Stres, Sakit Kepala Bakal Kabur

23 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Kelola Tingkat Stres, Sakit Kepala Bakal Kabur
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status