Diterbitkan pada: Ming, Jun 18th, 2017

Begini Cara Cegah Bibir Pecah-pecah karena Puasa

Reporter:    /  @ 10:00:42  /  18 Juni 2017

Ilustrasi

 

Koran Muria, Rembang – Bibir kering dan pecah-pecah sering terjadi saat kita berpuasa akibat kekurangan cairan dalam tubuh. Karena selama 12 jam setiap hari tubuh tidak akan mendapatkan pasokan makanan ataupun minum. Akibatnya, kemungkinan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan pun semakin besar.

Oleh sebab itu, untuk mengatasi dan mencegah bibir kering dan pecah-pecah, penuhilah kebutuhan tubuh akan cairan dengan cara banyak minum air putih dan juga konsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan air.

Dari informasi yang diolah berbagai sumber, untuk mencegah dan mengatasi bibir kering dan pecah-pecah saat puasa bisa dilakukan dengan menerapkan enam tips berikut ini.

Pertama yakni lakukan pengelupasan kulit bibibir kering dengan air hangat. Pengelupasan ini setidaknya sepekan sekali, dengan menggunakan air hangat.

Adapun caranya yakni basahi bibir dengan air hangat kemudian gosok bibir dengan sikat gigi yang lembut atau kain. Sementara itu, supaya tidak melukai bibir, lakukan secara perlahan. Dengan cara itu kulit mati atau bekas kulit kering itu bisa terkelupas atau luntur dengan air hangat itu.

Selanjutnya yakni hindarilah makan makanan yang pedas dan terlalu asin saat makan sahur atau berbuka puasa. Sebab makanan yang pedas dan asin bisa lebih mudah menyebabkan bibir dan mulut kering.

Nah hal perlu diperhatikan lebih seksama yakni hindarkan kebiasaan menjilat bibir. Sebab dengan menjilat bibir tidak akan membantu melembabkan bibir.  Justru cara ini bisa memperburuk kondisi kulit bibir.

Karena air liur yang menempel akan membuat bibir Anda lebih kering. Untuk itulah maka sebaiknya hilangkan kebiasaan menjilat bibir.

Mungkin cara yang ini bisa membuat bibir kering lebih berkurang dan juga bisa menambah stamina saar puasa. Ya, cara ini yakni dengan menggunakan madu.

Selain dengan cara dikonsumsi, bibir yang kering juga bisa dioleskan menggunakan madu. Namun yang menjadi masalahnya adalah pengolesan itu tidak dilakukan saat siang hari. Namun pengolesan itu bisa dilakukan saat malam hari sebelum tidur.

Kemudian saat fajar atau ketika sahur, minum tiga sendok makan madu. Selain bisa mencegah bibir kering, madu juga bermanfaat memberikan Anda kekuatan selama berpuasa.

Cara lainnya yakni mengonsumsi buah dan sayur segar akan menutrisi kulit bibir dari dalam. Sayangnya, banyak orang yang mengabaikan atau malas untuk makan buah dan sayur segar, inilah yang yang seringkali menjadi penyebab kulit dan bibir kering.

Tambahkan buah segar dan sayur sebagai bagian dari menu untuk sahur dan buka puasa. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur sangat baik karena akan membuat kulit  terlihat lebih segar.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Tradisi Sowan Kiai Jadi Kunci Sukses Abdul Hadi Pimpin Warga Nahdliyin di Kudus

27 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tradisi Sowan Kiai Jadi Kunci Sukses Abdul Hadi Pimpin Warga Nahdliyin di Kudus

Mbah Maimoen Zubair, Ulama Kharismatik Gudangnya Ilmu Pengetahuan

26 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Mbah Maimoen Zubair, Ulama Kharismatik Gudangnya Ilmu Pengetahuan

KH Sya’roni Achmadi, Kiai Tanpa Pesantren yang Selalu Dihormati

25 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada KH Sya’roni Achmadi, Kiai Tanpa Pesantren yang Selalu Dihormati

Ustaz Mushofa, Imam Termuda di Muda Masjid Agung Baitunnur Pati

24 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ustaz Mushofa, Imam Termuda di Muda Masjid Agung Baitunnur Pati

Kelola Tingkat Stres, Sakit Kepala Bakal Kabur

23 Juni 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Kelola Tingkat Stres, Sakit Kepala Bakal Kabur
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status