Published On: Wed, Jun 21st, 2017

Jelang Lebaran, Pengiriman Uang TKI Kudus Meningkat

Layanan kantor POS Kudus. Pengiriman uang dari TKI melalui jasa POS menjelang Lebaran mengalami peningkatan. (KORAN MURIA / FAISOL HADI)

 

Koran Muria, Kudus – Menjelang Lebaran yang jatuh akhir Juni 2017 ini, aliran uang dari tenaga kerja Indonesia (TKI) ke dalam negeri termasuk di Kabupaten Kudus mengalami kenaikan yang tajam.

Supervisor Pelayanan Kantor Pos Cabang Kudus Pujiyono, mengatakan pengiriman uang dari tenaga TKI selama Juni 2017 saja sudah mencapai 1.459 kiriman. Jumlah tersebut lebih banyak dari tahun lalu.

Kenaikan yang diperoleh tahun ini sejumlah 37 persen dari jumlah kiriman selama periode serupa tahun 2016 yang sebanyak 907 kiriman.

“Ini sudah menjadi rutinitas tiap tahun, yang mana melihat tahun sebelumnya saat puasa mendekati Lebaran selalu mengalami lonjakan pengiriman uang dari para TKI di luar negeri,” katanya kepada wartawan.

Menurut dia, TKI yang mengirimkan uang untuk keluarganya di Kudus, merupakan TKI yang bekerja di disejumlah negara. Seperti halnya Malaysia, Hongkong, Korea Selatan, Uni Emirat Arab dan Arab Saudi. 

Pengiriman terbanyak berasal dari Hongkong. Jika dipersentase, pengiriman uang dari TKI di Hongkong ke kudus mencapai 60 persen.

Sedangkan  pengiriman uang melalui weselpos, lanjut dia, saat ini mencapai 1.400 pengiriman atau naik dibandingkan tahun 2016 sebanyak 978 pengiriman. Sementara weselpos bayar, lanjut dia, juga mengalami lonjakan. Yang mana pada bulan Juni 2016, jumlah trasaksi wesel bayar mencapai 2.940 transaksi, sedangkan Juni 2017 mencapai 4.198 transaksi.

“Banyak cara pengiriman uang melalui kantor Pos, di antaranya weselpos instan, weselpos prima, western union, BNI wesel PIN, dan wesel instan BCA. Semuanya tergantung dari TKI yang mau memilih model pengirimannya,” jelasnya.

Editor : Ali Muntoha

About the Author

-