Published On: Mon, Jul 10th, 2017

Iwak Manuk Ternyata Punya Manfaat yang Mengejutkan

Burung belibis goreng di Warung Iwak Manuk, Mangkang, Kota Semarang.

 

Koran Muria, Kudus – Burung belibis cukup populer sebagai salah satu santapan nikmat. Warung-warung yang menjajakan menu burung ini menyebutnya dengan iwak manuk.

Belibis merupakan burung yang banyak hidup di Tiongkok dan India. Di Indonesia burung ini dikenal dengan banyak nama, mulai dari kuntul, meliwis, ataupun bangau.

Di berbagai daerah hampir selalu ditemui warung-warung yang menjual iwak manuk ini. Di Kudus ada Warung Bu Tun yang berada di tepi barat Jalan Kudus-Purwodadi, Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kudus.

Di Kota Semarang yuang cukup terkenal yakni Warung Makan Iwak Manuk, yang berada di Jalan Raya Randugarut km 12, Mangkang, Kota Semarang, atau sebelum Terminal Mangkang ke arah Jakarta.

Daging burung belibis mempunyai kandungan gizi dan protein yang sangat tinggi, sehingga banyak diburu untuk dijadikan lauk. Tak hanya itu rasa dagingnya juga sangat nikmat.

Dari sisi medis, daging iwak manuk ini juga sangat mengejutkan. Berikut beberapa manfaat daging burung belibis yang dikutip dari khasiat.co.id.

 

  1. Mengobati Penyakit Kusta

Khasiat daging burung bangau salah satunya untuk mengobati penyakit kusta. Anda yang menderita penyakit kusta bisa mengobati dengan mengoleskan darah burung bangau pada seluruh bagian tubuh. Pada pengobatan ini memang menggunakan darah dari burung bangau.

 

  1. Sumber Energi Tubuh

Kandungan karbohidrat dapat Anda temukan dalam daging burung bangau. Terdapat hampir 35 gram karbohidrat dalam satu ekor daging burung bangau yang dikonsumsi. Karbohidrat memang menjadi sumber utama di dalam tubuh, jadi Anda akan merasakan energi dapat terjaga dengan lama setelah mengkonsumsi daging  burung bangau.

 

  1. Menyeimbangkan Cairan dalam Tubuh

Manfaat daging burung bangau selanjutnya yaitu menyeimbangkan mineral atau cairan dalam tubuh. di dalam daging burung bangau terdapat sodium (natrium) yang memang berfungsi untuk memenuhi cairan (mineral) tubuh. Terdapat sodium 2 mg pada saat konsumsi daging bangau.

 

  1. Mencegah Tulang Keropos (Osteoporosis)

Khasiat burung bangau juga membuat Anda terlindungi dari osteoporosis. Kandungan mineral yang ada dalam tubuh bisa melenturkan setiap kerusakan sel-sel tulang dan membuat tulang keropos tidak terjadi.

 

  1. Memperlancar Pencernaan

Meskipun hanya mengandung 35 protein, daging bangau ternyata cukup ampuh memperlancar pencernaan. Protein di dalamnya akan membantu proses metabolisme sehingga pencernaan lebih lancar dan sehat.

 

  1. Memperlancar Saluran Darah

Produksi sel darah merah yang bagus saat mengkonsumsi daging burung bangau membuat aliran darah lancar. Dapat mencapai ke seluruh bagian tubuh dan membuat setiap bagian tubuh menjadi lebih aktif dalam sistem saluran darahnya.

 

  1. Meregenerasi Sel Darah

Lancarnya saluran darah tentunya akan membuat sistem kerja darah dalam tubuh berjalan dengan baik. Hal ini juga bisa menjadi dampak yang positif seperti terjadinya regenarasi sel darah yang terjadi dalam tubuh.

 

  1. Menambah Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam sebuah penelitian daging burung bangau mengandung 586 ME (kj/100 g). Makanya Anda akan terhindar dari berbagai virus maupun bakteri yang ada di sekitar tubuh. karena daya tahan tubuh akan lebih kuat dan sistem kekbalan meningkat beberapa persen dari sebelumnya.

 

  1. Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit kanker bisa masuk kedalam tubuh itu pasti disebabkan karena lemahnya sistem kekebalan tubuh. Daging bangau yang memiliki protein baik dan kandungan gizi lainnya bisa menyebabkan bakteri-bakteri dan virus yang akan masuk ke dalam tubuh dapat di serang.

 

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Anda sedang menjalani program diet rendah lemak, maka daging burung bangau tepat untuk menjadi bagian dari pola makan. Karena kandungan lemak yang ada di dalam daging burung bangau sangat sedikit.

Editor : Ali Muntoha

About the Author