Published On: Tue, Jul 11th, 2017

Kabar Gembira, transfer Antar-Bank Pemerintah Segera Gratis

Dalam waktu dekat biaya transfer antarbank BUMN akan gratis seiring integrasi ATM dan sistem di bank BUMN. (Foto : Kontan)

 

Koran Muria, Kudus – Nasabah bank-bank milik pemerintah (BUMN) mendapatkan kakabr gembira. Dalam waktu dekat, transfer antarbank bank milik Negara itu bakal tidak dikenai biaya atau gratis.

Hal ini dimungkinkan, karena adanya efisiensi dari integrasi ATM dan sistem di bank BUMN. Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) memproyeksi hal ini bisa terwujud antara satu hingga dua tahun lagi.

“Kami lakukan bertaap, akhirnya satu sampai dua tahun lagi memang arahnya kesana (biaya transfer gratis),” ujar Maryono, Ketua Himbara, dikutip dari Dikutip dari Kontan Selasa (11/7/2017).

Integrasi ATM bank BUMN, selain menciptakan efisiensi, juga akan membuat pelayanan kepada nasabah meningkat. Saat ini Himbara sedang melakukan penghitungan mengenai pembagian pendapatan yang bisa dinikmati masing-masing bank BUMN terkait integrasi ATM.

Suprajarto, Direktur Utama BRI mengatakan dengan adanya integrasi ATM Himbara, biaya sewa dan komunikasi ATM bisa mengalami penurunan. Selain itu, dengan bank BUMN mempunyai perusahaan switching sendiri maka menekan biaya interkoneksi ATM.

Saat ini biaya transfer ATM Himbara masih dipatok sebesar Rp 4000 per transaksi. Sedangkan biaya tarik tunai jika dilakukan di ATM link Himbara sudah tidak berbiaya alias gratis.

Editor : Ali Muntoha

About the Author