Diterbitkan pada: Sel, Jul 11th, 2017

Muhammad Hilmy, Sukses Kenalkan Jenang Kudus Mubarok Hingga Luar Negeri

Reporter:    /  @ 14:01:28  /  11 Juli 2017

Muhammad Hilmy, Direktur Utama Mubarokfood Cipta Delicia. (KORAN MURIA/FAISOL HADI)

Koran Muria, Kudus – Bagi Anda pencinta kuliner tentu sudah tak asing dengan jenang Kudus. Ya, makanan khas Kota Kretek yang sudah dikenal senusantara ini sudah mencuri hati para wisatawan yang berkunjung di Kudus.

Rasa manis dan legitnya makanan berbahan dasar ketan ini selalu membuat lidah termanjakan. Karenanya, wajar jika ia menjadi primadona dan terkenal hingga luar negeri.

Nah, berbicara jenang Kudus, tentu langsung teringat Jenang Kudus Mubarokfood. Perusahaan yang berada di Jalan Sunan Muria nomor 33 ini adalah salah satu toko jenang yang selalu dituju para wisatawan.

Usaha yang dirintis sejak tahun 1910 ini bahkan sudah memiliki ratusan outlet yang tersebar di kabupaten/kota di Indonesia. Cita rasa yang tak pernah berubah dan banyaknya varian jenang membuat Mubarokfood semakin sukses.

Hanya saja, kesuksesan itu tak datang dengan sendirinya. Butuh perjuangan dan strategi supaya tetap bertahan dan sukses seperti sekarang. Hal itu tak lepas dari tangan Muhammad Hilmy (54), Direktur Utama Mubarokfood Cipta Delicia yang juga pemilik Museum Jenang.

Generasi kedua CV Mubarokfoor Cipta Delicia ini mengatakan, saat ini, Mubarokfood sudah banyak perubahan dibandingkan dengan yang dulu. Karena, pihaknya lebih melokalkan produknya dengan kawasan pemasaran.

“Seperti jenang kami yang Merk Mubarok, produk tersebut tidak terlalu diterima di Bali. Padahal disana pangsa pasar yang cukup baik. Atas hal itulah, kami membuat nama lain disana dengan nama dodol bali dan langsung diterima. Jika nama Mubarok, barangkali terlalu agamis sehingga kurang diminati,” kata Alumnus Pondok Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur kepada Koran Muria.

Menurutnya, selain lebih mendekatkan pada kawasan lokal, cara yang digunakan adalah dengan lebih mendekatkan rasa dengan permintaan masyarakat. Seperti misalnya di luar negeri, yang tidak terlalu menyukai makanan yang manis-manis. Atas permintaan itulah, Mubarok juga membuat jenang yang tidak terlalu manis.

Hasilnya, hingga saat ini, puluhan merk jenang sudah dimiliki. Rasa yang dimunculkan juga cukup banyak seperti rasa White coffe dan juga coklat. Peningkatan merk sangat terasa saat dipimpinnya yang sebelumnya kisaran 10 merk.

Konsisten menjadi hal yang tak boleh dihilangkan untuk memajukan usaha. Mulai dari konsisten soal rasa, soal kualitas dan juga komunikasi baik sesama anggota keluarga dan juga karyawan yang selalu dilakukan. Disana, komunikasi dan pertemuan rutin selau dilakukan secara bulanan.

“Tak Hanya itu, marketing yang bagus dengan relasi yang banyak juga sangat mempengaruhi. Jika bisa memproduksi namun tak bisa menjual sama saja, jadi marketing sangat penting. Selain itu juga dapat bermitra dengan sejumlah  pihak,” ucapnya 

Bapak lima anak ini menambahkan, tentang nama merk awal sinar 33 yang mana menjadi produk yang legendaris dari Jenang Mubarok. Saat itu, merk yang diajukan dalam haki untuk dipatenkan adalah bintang. Namun nama tersebut tidak disetujui, dan akhirnya dirubah menjadi sinar yang juga bisa dari bintang. Sedangkan 33 adalah lokasi, yang berada di jakan sunan Muria no 33.

Terkait mitos di generasi ketiga, pihaknya tak memungkinkan kalau perusahaan di generasi ketiga tak sedikit yang oleng hingga hancur. Karena itu pula, dilakukan sejumlah cara agar perusahaan tak tutup dan membantah mitos tersebut.

“Mengenai mitos cukup beralasan, pada generasi pertama memiliki perjuangan memulai, kemudian generasi kedua banyak kepentingan yang masuk sehingga kalau tak dipersiapkan dengan baik, pada generasi ketiga tidak bisa bertahan,” katanya.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada 5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status