Published On: Wed, Jul 12th, 2017
Food | By

Banyak Dijual di Pinggir Jalan, Apa Sih Keistimewaan Nanas Madu?

Nanas madu yang dijajakan pedagang kaki lima di Jalan Pemuda Rembang. (KORAN MURIA / EDY SUTRIYONO)

 

Koran Muria, Rembang – Di sejumlah wilayah di Kabupaten Rembang dan sejumlah daerah lain, banyak dijumpai pedagang yang menjual nanas madu. Di pinggir-pinggir jalan, penampilan dan warna nanas ini memang sangat menggoda, dan terasa segar ketika dimakan.

Diberi nama nanas madu, karena nanas ini mempunyai rasa yang sangat manis bila dibandingkan nanas biasa. Meskipun ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan nanas biasa, namun nanas madu ini kini jadi primadona.

Dan tak hanya manis, nanas madu ini juga sangat baik dikonsumsi untuk penderita kolestrol tinggi. Dikutip dari Detik.com, nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD, yang dikutip dari detik.com mengatakan bahwa nanas madu merupakan buah yang kaya vitamin C, mineral, antioksidan dan serat. Nanas juga kaya akan vitamin C dan mangan.

Kandungan vitamin C dalam nanas ini yang disebut mampu menyetabilkan kolestrol dalam tubuh, menjaga kekebalan tubuh, melawan flu dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Selain itu, kandungan mangan yang terdapat pada nanas diketahui dapat memecah asam amino dan protein dalam tubuh. Mangan juga berperan dalam menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes, serta gangguan metabolisme. Enzim bromelain yang terdapat pada nanas bersifat anti-inflamasi.

Enzim ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme lemak tubuh menjadi energi. Kandungan seratnya juga dapat membantu menurunkan kolesterol darah dalam tubuh. 

Namun bukan hanya nanas madu saja, untuk mencegah dan mengatasi kolesterol tinggi, ada baiknya untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur. Disarankan mengonsumsi buah dan sayur kaya warna seperti pada Diet Pelangi. Karena semakin banyak warna yang dikonsumsi, semakin banyak manfaat kesehatan yang dapat diperoleh,” imbuh Jansen.

Editor : Ali Muntoha

About the Author

-