Published On: Wed, Jul 12th, 2017

Starbucks yang Terkenal Itu, Awalnya Diberi Nama Ini

dream.co.id

 

Koran Muria, Kudus – Kedai kopi berjejaring Starbuks belakangan menjadi kontroversial karena statemen mantan CEO Starbucks, Howard Schultz terkait Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT). Muncul boikot-boikot di sejumlah Negara, hingga akhirnya CEO diganti.

Namun tak banyak yang tahu jika nama Starbucks merupakan pilihan pertama untuk mengenalkan kedai kopi berlogo Siren (makhluk laut dalam mitologi Yunani) ini.

Mirror melansir, sejarah nama Starbucks ini dibeberkan oleh Howard Schultz. Dalam buku yang berjudul Pour Your Heart Into It: How Starbuck Built Company One Cup at A Time, Schultz berkisah bahwa dulunya, bisnis kopi ini hendak dinamai “ Pequod”.

Awalnya para pendiri Starbuck, yakni Gordon Bowker dan Zev Siegl, berdiskusi tentang nama usaha mereka. Bowker ingin menamai usaha mereka dengan nama “ Pequod”, nama kapal di dalam novel Moby Dick. Tapi, partner bisnis Bowker dan Siegl, Terry Heckler, ragu-ragu dengan nama itu.

Setelah mempertimbangkan beragam opsi, akhirnya ketiganya ini sepakat untuk menamai bisnisnya dengan nama “ Starbucks”. Lagi-lagi nama ini terinspirasi dari salah satu karakter dalam novel Moby Dick, yaitu Starbuck.

” Nama ini terinspirasi dari Moby Dick yang merupakan novel asmara di laut lepas dan tradisi pelayaran para pedagang kopi,” kata Bowker.

Bowker juga mengatakan bahwa nama “ Starbucks” ini juga terinspirasi dari nama pertambangan tua, yaitu Starbo. Sementara Heckler suka dengan kata yang berawalan “ St” karena memiliki karakter fonetis.

Editor : Ali Muntoha

Sumber : dream.co.id

About the Author