Published On: Fri, Jul 14th, 2017

Bunga Deposito CIMB Niaga Diturunkan

Ilustrasi

 

Koran Muria, Kudus – Mulai Juli 2017 PT Bank CIMB Niaga Tbk menurunkan bunga deposito. Ini dilakukan karena naiknya statsu bank ini menjadi kelompok BUKU IV yakni bank dengan modal inti di atas Rp 30 triliun.

Jhon Simon, Direktur Treasury & Capital CIMB Niaga, naiknya status ini berimbas pada perubahan implementasi aturan capping atau batas atas bunga deposito.  “Saat kami masih BUKU III rate cap 7DRR rate plus 100bps sedangkan ketika BUKU IV cap-nya adalah 7DRR rate plus 75bps,” ujar John dikutip dari Kontan, Kamis (13/7/2017).

Menurut dia, bank harus mematuhi batas atas bunga diposito yang diperkenankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga penurunan bunga harus dilakukan. Di luar kenaikan status bank menjadi BUKU IV, menurut John, tidak ada pergerakan bunga deposito dan kredit terlalu besar.

Jika dibandingkan Mei 2017 dan 2016, menurut John tidak ada perbedaan besar terhadap bunga deposito. Berdasarkan data Bank Indonesia, suku bunga deposito CIMB Niaga per 11 Juli 2017 berkisar antara 6% sampai 6,7%.

Editor : Ali Muntoha

About the Author