Diterbitkan pada: Sab, Jul 15th, 2017

Digemari Banyak Kalangan, Dawet Ireng Peluang Usaha Menjanjikan di Grobogan

Reporter:    /  @ 12:00:24  /  15 Juli 2017

 

Seorang penjual dawet sedang mempersiapkan dagangannya, Jumat (14/7/2017). (KORAN MURIA/DANI AGUS)

 

Koran Muria, Grobogan – Jualan dawet ireng tampaknya masih punya prosepek cukup bagus di Grobogan. Sebab, penggemar dawet iring ini ternyata makin bertambah.

Selain itu, orang yang menjalankan usaha ini masih bisa dihitung dengan jari. Berbeda dengan penjual sejenis, seperti dawet ayu yang sudah menjamur.

Dawet ireng ini rasanya tidak beda jauh dengan dawet lainnya. Bedanya, cendol yang disajikan warnanya hitam atau dalam Bahasa Jawa disebut ireng. Kebanyakan, dawet lainnya cendolnya berwarna hijau atau merah.

“Bahan pembuatan cendol ini sama dengan dawet lainnya. Bedanya cuma warnanya saja,” kata Arifin, salah seorang penjual dawet ireng yang mangkal di jalan R Suprapto Purwodadi.

Cendol atau butiran dawet bisa berwarna hitam karena dikasih pewarna alami. Yakni, dari abu hasil pembakaran jerami yang dicampur dengan air sehingga menghasilkan warna hitam. Air inilah yang kemudian digunakan sebagai pewarna dawet.

Arifin berjualan dawet ireng sekitar dua tahun lalu. Awalnya, pembelinya masih sedikit karena belum familiar. Seiring perjalanan waktu, jumlah pelanggannya makin bertambah.

“Awalnya, saya jualan keliling. Setelah banyak pelanggan, saya pilih mangkal di pinggir jalan supaya mudah dicari pelanggan,” jelasnya.

Salah seorang pelanggan dawet ireng, Susanti mengaku sudah kenal minuman ini ketika main ke Purworejo beberapa waktu lalu. Kabupaten ini memang menjadi tempat asal mula dawet ireng.

“Saat minum dawet ireng pertama kali saya langsung suka. Makanya, ketika ada yang jualan di Purwodadi saya senang sekali. Harganya juga murah. Punya duit Rp 5 ribu udah kenyang minum dawet,” katanya sambil tertawa.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada 5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status