Published On: Mon, Jul 17th, 2017

Kebiasaan Unik Orang Singapura Yang Kamu Harus Tahu

 

sumber: hughes-photography.eu

Koran Muria, – Ada banyak kebiasaan unik orang Singapura yang kamu harus tahu sebelum berangkat liburan ke sana. Dengan mengetahui kebiasaan masyarakatnya, kamu akan lebih mudah beradaptasi dengan kehidupan di Singapura dan acara jalan-jalanmu pun akan lebih lancar.

Kebiasaan-kebiasaan orang Singapura ini sebagian berbeda dari masyarakat Indonesia. Karena itu nggak jarang wisatawan asal Indonesia kaget ketika pertama kali tiba di sana. Daripada kaget, yuk cek kebiasaan unik orang Singapura berikut iniā€¦

Disiplin

Masyarakat Singapura dikenal dengan kedisplinannya yang luar biasa. Mereka taat kepada peraturan lalu lintas meski tidak ada polisi di sana. Selain itu penduduk Singapura juga dikenal tepat waktu, demikian pula dengan fasilitas umum di sana seperti transportasi yang datang dan berangkat sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Bersih

Nyaris tak ada tempat kumuh di Singapura, semuanya bersih dan pemerintahnya menyediakan tempat sampah di berbagai sudut yang mudah ditemukan. Trotoar tertata dengan rapi dan tak ada pedagang asongan atau pengemudi motor yang naik di atasnya. Baik tempat wisata atau jalanan umum sama bersihnya dan kalau kamu membuang sampah di tempat sembarangan, siap-siap saja kena denda.

Singlish

sumber: kentridgecommoncom

Singapura adalah perpaduan berbagai budaya, dan sebagian masyarakatnya menggunakan bahasa Singlish alias Singapore English. Berstatus sebagai bekas jajahan Inggris membuat Singapura menjadikan bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa utama, namun masyarakatnya menggunakan dialek dan kosakata yang dipadukan dengan bahasa Melayu dan China sekaligus, dan terjadilah Singlish.

Makan di Foodcourt, Tandai Tempat Dengan Tissue

Makan di Singapura bisa dibilang cukup mahal. Biar liburanmu lebih hemat, makanlah di foodcourt yang tersebar di banyak tempat di Singapura. Nah, biar kebagian tempat duduk, bawalah sekotak kecil tissue. Masyarakat Singapura biasa menandai tempat duduk mereka dengan tissue lalu ditinggal untuk mengantre makanan. Jadi, kalau kamu nemu meja yang sudah ada tissuenya, jangan diduduki ya.

Speak Corner

Kalau di Indonesia demonstrasi bisa dilakukan di sembarang tempat, tidak demikian dengan Singapura. Mereka memiliki Speak Corner yang memang jadi tempat masyarakat untuk menyampaikan aspirasi mereka. Sudut ini diletakkan di tempat yang tidak mengganggu kepentingan umum. Jadi meskipun ada demo, kegiatan masyarakat yang lain nggak akan terganggu dan aspirasi pun tetap bisa tersampaikan dengan baik.

Antre di Mana-Mana

sumber: straitstimes.com

 Kebiasaan disiplin masyarakat Singapura terbawa ke dalam acara apapun. Mereka selalu mengantre untuk mendapatkan tiket atau makanan, dan hal ini sudah jadi kebiasaan turun temurun yang masih terjaga sampai sekarang. Tidak ada namanya saling serobot dan berebut masuk seperti di Indonesia. Masyarakat Singapura sangat disiplin mengantre, sampai-sampai jadi bahan guyonan di kalangan mereka sendiri karena selalu mengantre untuk apapun.

Bangga Pada Singapore Airlines

Masyarakat Singapura sangat bangga kepada maskapai milik Negara mereka, Singapore Airlines. Mereka selalu menyarankan kepada siapa saja yang pergi dan ingin datang ke Singapura untuk naik maskapai ini. Singapore Airlines sendiri memiliki reputasi yang sangat bagus di dunia penerbangan. Nggak heran kalau kemudian masyarakat Singapura sangat bangga kepada Singapore Airlines.

Untuk kenyamanan terbang ke dan dari Singapura, kamu tinggal beli tiket Singapore Airlines Traveloka. Selain harganya terjangkau, juga tersedia banyak pilihan dari ratusan tempat pemberangkatan di seluruh Indonesia. Singapore Airlines juga jadi salah satu maskapai ternyaman di dunia, yang sudah pasti dibanggakan masyarakat Singapura.

Editor : Supriyadi

About the Author