Diterbitkan pada: Rab, Jul 19th, 2017

Hanya Jual Pakan Ternak, Omzet Pedagang di Rembang Ini Tembus Rp 1 Juta per Hari

Reporter:    /  @ 09:00:50  /  19 Juli 2017

 

Penjualan pakan ternak di Desa Mondoteko, Kecamatan/Kabupaten Rembang laris manis diburu pembeli. (KORAN MURIA/EDY SUTRIYONO)

 

Koran Muria, Rembang – Mencari uang memang bukan perkara mudah. Apalagi jika mimpi Anda langsung mendapat penghasilan yang besar. Hanya saja, hal tersebut bukanlah hal mustahil. Kuncinya hanya ada dua, bekerja keras dan pintar menangkap peluang usaha.

Hal itu dibuktikan oleh Sugeng, penjual pakan ternak di Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Dengan kerja kerasnya ia berhasil mendapat omzet Rp 1 juta tiap hari. Padahal, pakan ternak yang dijualannya sering disepelekan.

Kepada Koran Muria, Sugeng mengatakan, bisnis yang sudah ditekuni sejak beberapa tahun ini tercetus saat melihat banyaknya binatang ternak di Kabupaten Rembang. Dari situ ia berfikir dari mana para pemilik hewan ternak mendapat pakan.

Ini tak lepas dari letak geografis Kabupaten Rembang yang termasuk wilayah pesisir. Meskipun ada pegunungan, ia menduga rumput di sana tak bisa memenuhi kebutuhan. Dari situ, ia melihat peluang usaha yang menjanjikan. Yakni, jualan pakan.

Dengan modal pengetahuan tersebut, Sugeng pun memberanikan diri untuk bersepekulasi. Awalnya ia mencoba menjual pakan ternak berupa rumput dan dami di Desa Mondoteko. Sesuai dugaannya, pakan ternaknya laris manis.

Bahkan, permintaan pakan ternaknya selalu bertambah setiap hari. Mulai dari 20 ikat per hari hingga menjadi 400 ikat setiap hari. Hal ini membuatnya semakin bersemangat. Akhirnya ia mencoba menjajahkan pakan ternak di desa lain, yakni di Desa Waru.

”Dari dua tempat itu, saya bisa menghabiskan 500 hingga 600 ikat pakan ternak (rumput dan dami padi). Untuk harganya tiap satu ikat dihargai Rp 2 ribu,” katanya.

Dengan banyaknya permintaan itu, ia bisa mendapat uang rata-rata Rp 1 juta hingga Rp 1,2 juta. Jika ramai atau musim kemarau ia bahkan bisa mendapat uang hingga Rp 2 juta.

”Kalau dihitung-hitung ya sekitar Rp 1 juta sehari. Namun itu belum dipotong ongkos modal. Mulai dari membeli rumput atau jerami, transport, dan membayar kuli,” paparnya.

Sugeng menyebutkan, pakan ternak yang didapat tak sepenuhnya berasal dari Rembang sendiri. Ia pun ekspansi di kabupaten terdekat. Mulai dari Kabupaten Pati, Kudus, Jepara, hingga Demak.

”Biasanya memang dari ketiga kabupaten itu. Karena letaknya jauh, modalnya juga besar. Terutama untuk membayar tenaga dan transportasi,”ungkapnya.

Untuk sekali membeli pakan, lanjut Sugeng, ia biasa menggunakan truk. Sedangkan untuk pakan (khususnya dami padi), ia memilih terjun langsung ke area persawahan dan bernegosiasi dengan petani. Dengan cara itu, ia berhasil mendapat harga lumayan murah.

”Dengan cara itu saya bisa mendapat untung lumayan. Tapi sekarang sudah banyak pedagang pakan ternak. Persaingannya makin ketat. Di Mondoteko saja ada sekitar 15 pedagang. Jadi harus pandai mengatur strategi,” tegasnya.

Sementara itu, saat disinggung mengenai para pembelinya, ia mengaku rata-rata berasal dari kalangan orang yang mempunyai pekerjaan di pelabuhan, pedagang pasar, hingga pegawai yang memang mempunyai sampingan beternak di rumah.

“Biasanya yang membeli itu orang orang yang mempunyai sampingan beternak di rumahnya. Misalkan saja pedagang pasar, pekerja di pelabuhan, guru, wiraswasta dan sebagiaya. Sehingga mereka tidak punya waktu untuk mencari rumput di lapangan dan akhirnya membeli di sini,” pungkasnya.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada 5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status