Diterbitkan pada: Kam, Jul 27th, 2017

Ini Alasan Bayi Seharusnya Tak Boleh Dipangku di Pesawat

   /  @ 11:00:55  /  27 Juli 2017

Ilustrasi (TRAVEL AND LEISURE)

 

Koran Muria, Kudus – Sering kita mendengar imbauan jika bayi dilarang dipangku saat berada di pesawat terbang, melainkan harus duduk sendiri. Bukan karena masalah keuntungan maskapai, melainkan untuk keamanan penumpang tersebut.

Meskipun beberapai maskapai penerbangan memperbolehkan penumpang memangku bayi mereka di dalam pesawat, dalam batas usia maksimal dua tahun.

Alasan kenapa bayi seharusnya tak dipangku karena menjadi salah satu faktor penyebab bayi cidera selama penerbangan. Ini berdasarkan hasil penelitian dari Rainbow Babies and Children Hospital di Cleveland, Amerika Serikat.

Dikutip dari Tribunnews.com, yang melansir dari situs Travel and Leisure, penelitian yang dilakukan bekerja sama dengan perusahaan asuransi medis dan travel yakni MedAire itu, menganalisa aneka kecelakaan dan cedera medis yang terjadi pada anak-anak usia maksimal 18 tahun pada 80 maskapai di seluruh dunia, mulai 2009-2014.

Dari hasil penelitian itu diketahui, minuman dan sup yang terlalu panas merupakan penyebab utama cedera yang terjadi pada bayi di bawah usia dua tahun. Sementara jatuh dari pangkuan orang tuanya menjadi penyebab kedua.

“Kejadian seperti ini di maskapai komersil cukup jarang terjadi. Namun untuk beberapa kasus, terutama bayi yang dipangku, biasanya terjadi pada saat orang tuanya makan atau saat turbulensi,” tutur senior investigator penelitian Alexandre Rotta.

Di Indonesia sendiri umumnya maskapai memperbolehkan penumpang memangku bayi atau batita. Namun berbeda dengan di Amerika Serikat. Federal Aviation Administration (FAA) merekomendasikan para orang tua untuk meminta Child Restraint System (CRS) kepada maskapai yang bersangkutan.

CRS adalah safety seat seperti car seat yang akan menahan dan melindungi bayi di bangkunya. Orangtua juga kerap membawa car seat sendiri. Namun sebelum digunakan, pastikan bahwa car seat tersebut memenuhi aturan FAA.

Editor : Ali Muntoha

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada 5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status