Published On: Sat, Jul 29th, 2017

Awas, Sering Terpapar Sinar Matahari Bikin Anda Terlihat Tua

 

Ilustrasi (Pexels)

 

Koran Muria, Kudus – Bertambahnya usia seseorang memang bisa diketahui dari berbagai faktor. Salah satunya dengan perubahan kulit. Mulai dari adanya keriput di wajah hingga mengendurnya elastisitas kulit, menjadi ciri yang bisa digunakan untuk mendoiagnosa umur seseorang.

Hal ini tak lepas dari produksi kolagen dalam tubuh yang menurun. Kolagen sendiri, secara ilmu kesehatan sangan dibutuhkan untuk membuat kulit tetap kenyal dan elastis. Hanya saja, produksi kolagen akan menurun seiring bertambah usia.

Ini yang menyebabkan kulit orangtua jadi mengendur dan timbul keriput. Namun, ada faktor lain di luar usia yang bisa merusak kolagen dalam tubuh.

“Terpapar sinar matahari berlebihan bisa merusak kolagen,” kata dermatolog Indrawati Wijaya seperti dikutip antaranews.com.

Oleh karena itu, mereka yang dituntut untuk sering beraktivitas di luar ruangan harus waspada karena produksi kolagen bisa menurun akibat sinar matahari.

Kolagen juga rusak bila seseorang mengonsumsi gula secara berlebihan, terpapar polusi dari asap juga rokok.

Bila kekurangan kolagen, kulit otomatis mengendur dan garis halus serta kerutan bisa muncul di wajah sehingga terlihat lebih tua.

Kurang kolagen juga bisa membuat seseorang jadi lemah dan loyo. Sebab, kolagen juga berfungsi sebagai pengikat otot yang memungkinkan tubuh bergerak. Berkurangnya kolagen juga membuat kelincahan tubuh menurun.

Indrawati menambahkan, penampilan awet muda tidak hanya mengandalkan kolagen dalam tubuh.

“Hidup bahagia, pola hidup sehat, olahraga teratur dan nutrisi baik,” pungkas dia.

Editor: Supriyadi

About the Author