Diterbitkan pada: Jum, Agu 4th, 2017

5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

   /  @ 12:00:21  /  4 Agustus 2017

 

Ilustrasi

 

Koran Muria, Kudus – Ketika kamu sering berada di bawah terik sinar matahari atau pun nggak cocok menggunakan krim wajah, pasti wajah kamu menjadi iritasi. Iritasi yang terjadi kebanyakan wajah terdapat bintik merah atau juga flek hitam.

Kebanyakan yang dialami biasa flek hitam di wajah. Flek hitam yang terdapat di wajah sudah pasti sangat mengganggu penampilan kamu sehari-hari. Apalagi ketika kamu nggak menggunakan makeup, flek hitam tersebut sangat jelas terlihat.

Untuk itu kamu perlu menghilangkan flek hitam tersebut di wajah kamu. Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang bisa membantumu menyelamatkan kulit indah kamu:

Lemon

Lemon mengandung asam sitrat di dalamnya dan asam ini memiliki manfaat kecantikan yang besar. Asam sitrat nggak hanya membantu meluruhkan sel-sel kulit mati tapi juga menyebabkan pertumbuhan sel-sel baru dan mencerahkan kulit.

Lemon bermanfaat untuk meredakan masalah flek hitam di wajah, bintik-bintik penuaan, bekas jerawat dan keriput. Efek samping yang mungkin terjadi adalah sedikit rasa terbakan, kesemutan dan kemerahan sementara pada kulit.

Caranya siapkan lemon dan kapas bola. Peras secukupnya lemon ke wadah. Lalu tuangkan perasan air lemon ke kapas. Sekarang usapkan kapas yang telah dicampur lemon ke wajah. Biarkan hingga mengering. Tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air bersih. Jangan berada di bawah sinar matahari terlebih dahulu setelah melakukan proses ini karena membuat kulit sensitif.

Pepaya

Pepaya mengandung papain berupa enzim yang mengeksfoliasi kulit mendorong produksi sel-sel baru sehingga kulit tampak lebih segar. Papain juga menghambat tirosinase enzim yaitu sel-sel kulit penghasil pigmen digunakan untuk memproduksi melanin. Pepaya hijau mengandung papain lebih tinggi daripada yang matang. Namun terasa sedikit menyengat bila diterapkan ke kulit. Pepaya matang juga baik untuk digunakan.

Caranya kamu perlu melembutkan pepaya sampai menajdi seperti “bubur” lalu gosokkan pada daerah yang terkena flek hitam pada kulit. Kamu juga bisa mencampur dengan perasan air jeruk nipis. Biarkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Kulit pepaya juga bisa bermanfaat untuk scrub yang sangat baik untuk lutut dan siku.

Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan dan memiliki efek yang bagus pada penyembuhan luka. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin e dapat menembus dermis dari lapisan tengah kulit dibawah epidermis dan menstabilkan produksi kolagen.

Caranya kamu perlu minyak vitamin E dicampur dengan minyak jarak/castor oil. Lalu oleskan pada daerah bekas jerawat dan flek hitam. Tunggu beberapa saat lalu bilas secara bersih. Kamu juga bisa mengombinasikan minyak vitamin E dengal lidah buaya sebagai masker wajah. Kamu bisa membeli minyak vitamin e dan minyak jarak di apotik.

Kentang

Kentang kaya akan vitamin dan mineral, asam lemak esensial dan berbagai fitokimia seperti karotenoid dan polifenol. Dengan semua kandungan Vitamin C, B kompleks, serta mineral seperti kalium, magnesium, kalsium, fosfor dan seng, kentang dapat merangsang kolagen dan elastin sintesis.

Bahkan jus kentang adalah salah satu solusi terbaik untuk bintik-bintik hitam pada kulit. Vitamin c yang berasal dari kentang berfungsi untuk mengelupaskan sel-sel mati dan dengan demikian mengurangi bintik-bintik hitam.

Caranya kamu perlu menyiapkan 2-3 buah kentang. Parut kentang lalu tambahkan sedikit air. Kemudian peras parutan kentang tersebut menggunakan saringan bersih. Tambahkan beberapa tetes jeruk nipis dan setengah sendok madu. Lalu usapkan daerah flek hitam di wajah. Biarkan selama sekitar 20 menit kemudian bersihkan.

Semangka

Semangka dikenal sebagai salah satu obat terbaik untuk flek hitam karena kaya akan serat, vitamin A, B dan C. Semangka yang dingin dan manis mampu membantu mengurangi bintik-bintik pada kulit akibat terlalu lama berada di bawah sinar matahari. Namun kamu nggak perlu menyimpan buahnya untuk diterapkan ke flek hitam. Kamu hanya menggunakan kulit semangka.

Caranya kamu perlu mengiris semangka dan ambil kulitnya. Gosok bagian dalam kulit semangka pada wajah kamu sehingga sari semangka akan meresap ke kulit. Lakukan ini selama beberapa menit dan kemudian biarkan selama beberapa waktu kemudian bilas sampai bersih. Kamu bisa melakukan hal ini 2-3 kali dalam seminggu.

Editor: Supriyadi

Komentar

komentar



Berita Terbaru

Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Juni, Pertumbuhan Kredit Perbankan Melambat

5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada 5 Ramuan Alami Ini Ampuh Usir Flek Hitam dari Wajah

Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

4 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Tak Perlu Ragu Kehalalan Vaksin Campak-Rubella

Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Hadiah Rp 200 Juta yang Bisa Artikan Tiap Huruf Misterius di Tempurung Kura-kura Ini

Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro

3 Agustus 2017, Komentar Dinonaktifkan pada Ramuan Jus Wortel dan Kuning Telur Ini Bisa Bikin Mr P Tak Cepat Nglokro
© Copyright 2015 Koran Muria - All Rights Reserved | Redaksi | Pedoman Media Siber DMCA.com Protection Status