Published On: Mon, Dec 4th, 2017

Loket Pelayanan Disdukcapil Kudus Seringnya Sepi, Ternyata Ini yang Terjadi

 

Sejumlah warga melakukan perekaman e-KTP, belum lama ini. (Disdukcapil Kudus)

 

Koran Muria, Kudus – Setiap harinya, loket pelayanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus, didatangi warga yang ingin membuat dokumen kependudukan mereka.

Hanya saja, seringnya loket pelayanan yang ada di kantor tersebut, sepi dari pengunjung. Ini yang kerapkali menjadi tanda tanya, kenapa kantornya terkadang sepi dari warga yang datang.

”Memang benar kalau dikatakan kadang kantor pelayanan kita itu sepi. Hanya sedikit warga yang datang ke sana,” kata Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo melalui Sekretaris Dinas Putut Winarno.

Penyebabnya, menurut Putut, bukan karena warga tidak mau datang untuk membuat dokumen kependudukan mereka. Namun, hal itu lebih dikarenakan warga sudah memilih jalur yang praktis untuk membuat dokumen adminduk mereka.

Contohnya saja, melalui beberapa aplikasi yang dibuat dinas. Warga hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut, untuk kemudian membuat permohonan layanan kependudukan, melalui telepon seluler yang mereka miliki. Semua bisa dilakukan secara online.

”Kita ada beberapa aplikasi yang terkait dengan layanan adminduk ini. Sehingga warga, tinggal melakukan proses permohonan terkait adminduk ini, lewat handphone mereka. Tidak perlu datang ke kantor,” terangnya.

Ini tentu saja akan mempermudah proses yang ada. Di mana warga tidak perlu mendatangi loket yang tersedia di dinas. Mereka juga menghemat waktu, karena bisa melakukan permohonan di mana saja. Tidak ada waktu yang terbuang untuk antre di depan loket.

Apalagi bagi warga yang tinggal cukup jauh dari kantor dinas. Tentu saja adanya aplikasi atau pelayanan online ini, mereka tidak akan menghabiskan biaya transportasi untuk datang ke kantor dinas. Sistem online ini, memang diminati warga. Mereka memangkas berbagai macam birokrasi dan biaya yang ada, untuk bisa mendapatkan dokumen kependudukan mereka.

”Ada empat di mana pelayanan dikatakan sudah berjalan dengan baik. Yakni sumber daya manusia, sarana prasarana, jaringan, dan sistem. Semua itu di dinas kita sudah berjalan. Sehingga masyarakat yang datang juga langsung juga semakin sedikit, karena memanfaatkan komponen-komponen yang ada itu,” paparnya.

Apalagi, menurut Putut, pengurusan adminduk adalah sebuah hal yang harus dilakukan warga negara. Pemerintah kemudian membuat prosesnya semakin mudah. Pelayanan adminduk sudah diamanatkan dalam undang-undang, peraturan presiden, hingga surat edaran menteri. Hal itu tertuang pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Nomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016, menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Kependudukan. Semua demi melaksanakan Undang-Undang Nomor 23/2006 dan Undang-Undang Nomor 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan.

”Silakan unduh aplikasi kami, untuk memudahkan Anda mengurus dokumen kependudukan yang ada. Sehingga setiap warga memiliki dokumen kependudukan, yang sangat penting manfaatnya,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>