Published On: Tue, Dec 5th, 2017

Sukseskan Pemilu, Disdukcapil Kudus Terus Validasi Data Kependudukan

 

Petugas Disdukcapil Kudus melakukan jemput bola di pusat keramaian. (Disdukcapil Kudus)

 

Koran Muria, Kudus – Proses demokrasi, yakni pemilihan umum, bakal berlangsung pada 2018-2019 mendatang. Untuk menyukseskan hal itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus melakukan validasi data kependudukan.

Validasi itu penting dilakukan, untuk mendapatkan gambaran mengenai situasi dan kondisi pendukung pemilu di masa mendatang. Misalnya saja terkait dengan berapa jumlah pemilih yang akan berpartisipasi dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

”Kita kan, bakal menghadapi sejumlah proses demokrasi yang ada. Misalnya pemilihan kepala daerah, pemilu legislatif, hingga pemilihan presiden. Semua membutuhkan validasi data kependudukan, guna menyukseskan hal itu,” terang Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo melalui Sekretaris Dinas Putut Winarno.

Salah satu yang disasar adalah anak-anak usia remaja, yang memang sudah wajib memiliki kartu tanda penduduk (KTP). Mereka didatangi petugas Disdukcapil, untuk melakukan perekaman KTP.

Mudah sekali untuk membuat KTP sekarang ini. Yakni cukup dengan membawa fotokopi kartu keluarga (KK), maka seseorang sudah bisa melakukan perekaman data yang dilayani petugas.

Kemudahan ini memang sudah diamanatkan dalam undang-undang, peraturan presiden, hingga surat edaran menteri. Hal itu tertuang pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Nomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016, menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Kependudukan. Semua demi melaksanakan Undang-Undang Nomor 23/2006 dan Undang-Undang Nomor 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan.

”Sasarannya kebanyakan anak-anak sekolah yang sudah wajib KTP memang. Data mereka akan melengkapi data berapa jumlah pemilih nanti yang akan menggunakan hak pilihnya. Sehingga nantinya pemerintah akan bisa secara tepat membuat programnya. Termasuk anggarannya,” jelasnya.

Kesuksesan jalannya pemilu, menurut Putut, juga menjadi tanggung jawab dari pihaknya. Karena data yang dipakai memang data yang berasal dari data validasi yang dilakukan pihaknya.

”Maka dari itu, saya mengimbau kepada warga yang memang sudah memenuhi syarat, untuk membuat dokumen kependudukan. Karena dokumen ini sangat bermanfaat dan digunakan untuk berbagai kebutuhan dari warga itu sendiri,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>