Published On: Mon, Dec 11th, 2017

Didatangi Petugas Disdukcapil ke Rumah, Warga Kaget Namun Senang

Istri Agus Sulistyanto menerima akta kelahiran dan KK yang diantarkan Sekretaris Disdukcapil Kudus. (Disdukcapil Kudus)

 

Koran Muria, Kudus – Agus Sulistyanto, warga Desa Lau, Kecamatan Dawe, tidak menyangka jika rumahnya kedatangan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus Putut Winarno. Dia kaget karena kedatangan sekdin tersebut membawa dokumen yang diharapkannya.

Kedatangan Putut sendiri memang berkaitan apa yang menjadi permohonan dari pihak Agus. Yakni mengantarkan akta kelahiran anak dari Agus, yang kurang lebih seminggu baru lahir.

”Saya tidak menyangka kalau ternyata pelayanan yang diberikan dinas sampai sejauh ini. Diantarkan langsung akta kelahiran anak saya. Benar-benar sangat berterima kasih karena sudah dimudahkan,” kata Agus.

Apa yang dilakukan Putut sendiri, memang bagian dari pelayanan prima yang diberikan pihaknya. Yakni melayani warga yang membuat dokumen kependudukan, dengan cara mudah, cepat, dan memuaskan.

”Contohnya keluarga Pak Agus tadi. Beliau memproses permohonan akta kelahiran anaknya melalui online. Ketika semua syarat sudah lengkap, maka kami proses. Dan ketika jadi, kami antar langsung ke rumahnya,” tutur Putut.

Ya, saat ini untuk memproses dokumen kependudukan di Kabupaten Kudus, tidak perlu harus datang langsung ke kantor dinas. Sudah disediakan beragam aplikasi berbasis android. Lewat aplikasi tersebut, masyarakat mudah mengurus administrasi kependudukan tanpa harus datang ke kantor. ”Masyarakat cukup mengunduh aplikasi tersebut di google playstore, kemudian diinstal di smartphone,” ujarnya.

Kemudahan ini memang sudah diamanatkan dalam undang-undang, peraturan presiden, hingga surat edaran menteri. Hal itu tertuang pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Nomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016, menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Kependudukan. Semua demi melaksanakan Undang-Undang Nomor 23/2006 dan Undang-Undang Nomor 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan.

”Kami juga sudah melaksanakan Nawacita Presiden RI, di mana negara harus hadir di tengah warganya. Tapi kami, sudah hadir langsung di rumah warga kami,” imbuhnya.

Editor: Supriyadi

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>