Published On: Tue, Dec 12th, 2017

Disdukcapil Kudus Sisir Warga yang Belum Rekam E-KTP

Petugas Disdukcapil saat melakukan perekaman E-KTP dengan jemput bola ke sekolah-sekolah. (Disdukcapil Kudus)

 

Koran Muria, Kudus – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kudus terus melakukan penyisiran warga yang belum melakukan perekaman E-KTP. Apalagi masih ada sekitar 19 ribu wajib KTP di Kudus yang belum melakukan perekaman.

Targetnya, pada akhir 2017 ini proses perekaman sudah rampung. Kepala Disdukcapil Kudus Hendro Martoyo mengatakan, pihaknya memang masih terus melakukan sosialisasi terkait pembuatan E-KTP tersebut.

Termasuk menyisir warga yang belum memiliki dokumen kependudukan itu.

”Kami sudah melakukan upaya jemput bola, untuk menyisir warga yang belum memiliki KTP elektronik. Supaya mereka bisa segera mengurusnya. Ada juga yang kami rekam datanya langsung dengan program jemput bola ini,” jelasnya.

Armada khusus perekaman data, juga terus berkeliling ke semua wilayah yang ada di Kabupaten Kudus ini.

Itu sebabnya, jumlah wajib KTP yang sudah melakukan perekaman, semakin banyak. Saat ini, kurang lebih masih ada 19 ribu warga yang belum melakukan perekaman.

Dikatakan Hendro, pembuatan KTP elektronik juga sangat mudah. Yakni hanya cukup dengan melampirkan fotokopi kartu keluarga (KK) yang mereka miliki.

Kemudahan ini memang sudah diamanatkan dalam undang-undang, peraturan presiden, hingga surat edaran menteri.

Hal itu tertuang pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri) Nomor 471/1768/SJ tertanggal 12 Mei 2016, menindaklanjuti Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Kependudukan.

Semua demi melaksanakan Undang-Undang Nomor 23/2006 dan Undang-Undang Nomor 24/2013 tentang Administrasi Kependudukan.

”Yang jelas, kami terus melakukan penyisiran. Termasuk jemput bola, untuk melayani warga yang belum perekaman. Dan pada Desember nanti, warga yang belum melakukan perekaman bisa diperkecil,” imbuhnya.

Editor : Supriyadi

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>