Published On: Fri, Apr 1st, 2016

Masih Ada Eks Gafatar Tercecer di Kalimantan, Satu Keluarga Baru Dipulangkan ke Rembang

Keluarga eks anggota Gafatar di pulangkan ke Rembang, Kamis (31/3/2016) malam sekitar pukul 23.00 WIB. (KORAN MURIA / AHMAD WAKID)

Keluarga eks anggota Gafatar di pulangkan ke Rembang, Kamis (31/3/2016) malam sekitar pukul 23.00 WIB. (KORAN MURIA / AHMAD WAKID)

 

Koran Muria, Rembang – Proses pemulangan eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) dari Kalimantan, ke berbagai daerah di Pulau Jawa, sudah berakhir beberapa bulan lalu. Namun nyatanya, masih ada eks anggota Gafatar yang masih tercecer di Kalimantan.

Salah satunya, keluarga Agus Putranto (40), yang tercatat berasal dari Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang. Agus Putranto bersama istrinya Marsinem (34), dan empat orang anaknya, baru dipulangkan pemerintah dari Kalimantan ke Rembang pada Kamis (31/3/2016) kemarin.

Keluarga ini tiba di rumahnya di Rembang sekitar pukul 23.30 WIB. Kepala Kesbangpolinmas Rembang Kartono, mengatakan keluarga yang baru saja dipulangkan dari Kalimantan itu terdiri dari 6 anggota keluarga.

“Ya ada satu keluarga yang baru dipulangkan. Terdiri dari enam anggota keluarga dengan empat anak berusia masih belia,” katanya, Jumat (1/4/2016).

Empat anak pasangan eks anggota Gafatar ini masih sangat kecil-kecil. Anak sulung baru berusia 6 tahun, sedangkan anak bungsunya berusia 1 tahun. Sementara lainnya, masing-masing 5 dan 3 tahun.

Dijelaskan Kartono, keluarga Agus pulang tercecer dari para eks Gafatar lain dari Jawa Tengah, bukan karena ditahan dulu oleh aparat. Menurut dia, keluarga ini baru ditemukan karena sebelumnya tinggal di pemukiman yang berbeda, di Kalimantan Barat. “Itu bukan karena mereka ditahan dulu oleh aparat, tapi karena tinggal terpencar-pencar,” ungkapnya.

Ia mengaku sudah me-wanti-wanti kepada Pemerintah Desa Karangturi, agar membina mereka yang baru pulang, seperti eks anggota Gafatar sebelumnya. “Hanya saja, para eks pengikut Gafatar dilarang pergi ke luar kota sesuka hati, dan harus izin kepada pemdes. Desa kami minta membina mereka,” tegasnya.

Sebelumnya pada 14 Februari lalu, satu keluarga eks anggota Gafatar juga dipulangkan di Desa Karangturi. Mereka adalah 4 orang yang terdiri dari sepasang suami istri dan dua orang anak.

Agus Putranto diketahui sebagai saudara kandung dari salah satu anggota Gafatar yang pulang 14 Februari lalu itu. Dengan demikian, kini ada 10 orang eks anggota Gafatar di Desa Karangturi, meski 6 di antaranya masih sebagai anak-anak.

Editor : Ali Muntoha

About the Author

-