Published On: Sat, Apr 2nd, 2016

Waduh, Pemkab Rembang Dituding Enggan Cairkan Bantuan Desa Senilai Rp 52 Miliar

dana bantuan uang

 

Koran Muria, Rembang – Bantuan keuangan desa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang senilai Rp 52 miliar terancam jadi sisa lebih penggunaan anggaran tahun ini atau silpa. Padahal, bantuan keuangan tersebut masih diperlukan untuk menggenjot pembangunan infrastruktur desa.

”Meskipun sudah ada dana desa dari Pusat dan alokasi dana desa dari pemkab, saya kira bantuan keuangan masih diperlukan agar desa bisa cepat menyelesaikan pembangunan infrastruktur dasar,” kata Ketua Komisi A DPRD Rembang Ilyas mengatakan.

Hanya, saat ini, pihaknya menangkap adanya sinyal keengganan dari Pemkab untuk mencairkan dana tersebut. Hal itu terlihat saat berkoordinasi dengan Bupati Rembang Abdul Hafidz baru-baru ini.

”Saat konsultasi belum lama ini , Bupati belum akan mencairkan bantuan keuangan bagi desa pada masa APBD Induk 2016,” ungkap Ilyas.

Apalagi sifat bantuan keuangan dari pemerintah kabupaten bagi desa ini, dikatakannya sama dengan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang masih digulirkan pada tahun ini.

”Harapan kami, bantuan keuangan dari pemkab tetap diberikan agar tidak menjadi Silpa. Lagi pula sudah dianggarkan dan merupakan bagian dari aspirasi desa,” terangnya.

Ilyas juga mengaku sudah sempat mencari informasi dan keterangan dari Bapermasdes Provinsi Jawa Tengah mengenai bantuan keuangan dari pemkab bagi desa. ”Intinya, bantuan keuangan itu bisa diberikan,” tegasnya.

Kemungkinan, bantuan keuangan desa dari pemkab, akan dikucurkan pada masa APBD Perubahan tahun ini. Namun Ilyas menilai, jika dikucurkan lewat APBD Perubahan, dikhawatirkan waktunya akan tidak cukup. ”Kalau tidak cukup waktu, ujungnya pun menjadi Silpa dari APBD Perubahan,” tandasnya.

Pada 2016 ini, 287 desa di Kabupaten Rembang sudah dialokasi dana desa sebesar total Rp 179 miliar atau naik Rp 100 miliar dari tahun 2015 yang hanya Rp 79 miliar. Selain dana desa dari Pemerintah Pusat, semua desa di kabupaten ini juga mendapat alokasi dana desa sebesar Rp 82 miliar.

Editor: Supriyadi

About the Author

-