Published On: Fri, Feb 17th, 2017
Jepara | By

Ini Fakta, Marzuqi dan Subroto Ternyata Belum Saling Sapa Pasca-Pilkada Jepara

Wakil Bupati Jepara Subroto (kiri) saat memberikan hadiah istimewa kepada Bupati Jepara Ahmad Marzuqi di hari ulang tahunnya, belum lama ini. (KORAN MURIA)

 

Koran Muria, Jepara – Dua hari pasca Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jepara, dua calon Bupati Jepara, baik Ahmad Marzuqi dan Subroto ternyata belum sekalipun melakukan komunikasi. Padahal keduanya saat ini masih berstatus sebagai Bupati dan Wakil Bupati Jepara aktif.

Tak hanya itu, keduanya juga belum terlihat ngantor di Pemkab Jepara. Baik ruangan bupati dan wakil bupati masih kosong.

Kepada Koran Muria, Ahmad Marzuqi mengakui bahwa sejak pemungutan suara hingga Jumat (17/2/2017) belum pernah berkomunikasi dengan rivalnya Subroto. Terakhir kali, ia melakukan komunikasi beberapa hari lalu sebelum pemilihan pada Rabu (15/2/2017). Itu pun melalui pesan singkat.

Kala itu, calon bupati Subroto sudah menghubungi Marzuqi lewat telpon. Namun, tak sempat diangkat karena sedang ada perlu. Marzuqi saat itu sedang melakukan ziarah Kubur.

Panwas Temukan Banyak Kesalahan di Pilkada Jepara, Ini Perinciannya

Telpon yang tak terjawab itu pun dibalas oleh Marzuqi. Namun, Subroto juga tidak menjawab. Terjadilah komunikasi hanya melalui pesan singkat  sesaat kemudian. ”Ya kami hanya saling melontarkan maaf,” ujar Marzuqi.

Selain itu, ia juga mengutarakan bahwa nantinya saat masuk kantor, tidak ada agenda mengadakan pertemuan khusus dengan Subroto. Hanya saja, akan bertemu saat sama-sama menjalani tugas dinas. ”Kami nanti ketemunya hari Senin di kantor,” katanya.

Terpisah, hal tersebut dibenarkan oleh Subroto. Dia mengatakan,  jika komunikasi terakhir sebelum Pilkada berlangsung. ”Saya sampaikan bahwa kompetisi merupakan satu hal yang wajar,” katanya.  

Hitung Cepat KPU, Pasangan Ahmad Marzuqi-Dian Kristiandi Menangi Pilkada Jepara

Belum Tentukan Langkah untuk Layangkan Gugatan

Sementara itu, ia juga tak merencanakan pertemuan khusus dengan Marzuqi. Kemungkinan untuk betemu saat di kantor secara bersama sama menjalankan tugas.

”Kita nanti ketemunya di kantor saja Senin (20/2/2017). Nanti senin kan Apel. Saya biasa-biasa saja karena Pilkada bukan segalanya,” katanya.

Perlu diketahui, proses pemungutan suara sudah bekakhir. Akan tetapi sesuai dengan hasil sementara sesuai hitung cepat Marzuqi unggul dibanding Subroto. Rekap suara di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jepara masih berlangsung di tingkat kecamatan. Sedangkan rekap di tingkat kabupaten baru akan berlangsung tanggal 22 hingga 24 Februari 2017 mendatang.

Kekurangan Bukti, Dugaan Money Politics di Pilkada Jepara Sulit Ditindak

Sementara itu saat disinggung mengenai adanya gugatan atau tidak, pihaknya belum bisa memberi keterangan secara gamblang. Sehingga ia ingin memantau terlebih dahulu. Ia mengakui adanya kejanggalan pada proses Pilakda kemarin. Namun, belum bisa menyebut satu persatu.

”Ya kita lihat saja nanti. Soalnya yang mengerjakan tim. Kalau saya kan hanya kontestan. Kalaupun saya menggungat itupun untuk kepentingan rakyat. Bukan kepentingan saya. Kalau gak punya kepentingan,” ungkapnya.

Editor: Supriyadi

About the Author

-