Published On: Fri, Jan 10th, 2020

Mau Liburan Ke Prancis, Perhatikan 5 Hal Wajib Yang Harus Kamu Ketahui

Foto : pxhere.com

Koran Muria – Prancis terkenal karena menara Eiffel yang jadi ikon romantisme. Prancis memiliki banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi para traveler. Objek wisata yang terkenal ada Menara Eiffel, Museum Louvre. Museum Orsay, Disneyland, Istana Versailles dan masih banyak lagi. Banyaknya destinasi tempat wisata menarik di Perancis membuat banyak traveler Indonesia gemar bepergian ke negara ini. Jika Kamu baru pertama kali ke Perancis pastikan Kamu sudah mengetahui 5 hal  tentang Negara Prancis berikut ini supaya tidak kaget saat disana. 

1.Tidak Semua Orang Perancis Bisa Berbahasa Inggris

Meskipun di Negara Perancis banyak juga orang Inggris namun mayoritas warganya tidak berbicara dengan Bahasa Inggris. Warga Prancis lebih suka pada turis atau wisatawan yang menggunakan Bahasa Prancis ketimbang Bahasa Inggris. Kata standar seperti merci yang artinya terima kasih atau Bonjour yang artinya halo merupakan kata dasar yang wajib kamu hafal. Perbanyak kosa kata Bahasa Prancis sebelum Kamu melakukan perjalanan ke Prancis ya. 

2. Hari Minggu bukan waktu yang tepat untuk bepergian 

Bila di Indonesia hari Minggu banyak dipakai untuk bepergian ke tempat-tempat wisata, lain halnya dengan hari Minggu di Prancis. Hari Minggu adalah waktu keluarga sehingga banyak toko dan tempat wisata di Perancis yang libur. Pemerintah bahkan tidak mengizinkan semua toko buka pada hari Minggu. So, manfaatkan hari Minggu mu di Prancis dengan Me time atau sekedar berkunjung ke taman terbuka yang ada disana. Jangan rencanakan berbelanja ketika hari Minggu. 

3. Tidak ada sarapan berat dan jam makan yang sesukanya

Setiap Negara punya kebiasaan yang berbeda-beda, bila di Indonesia orang biasanya sarapan dengan makanan berat seperti bubur ayam, nasi uduk, soto dan lainnya dalam jumlah yang banyak. Di Perancis Kamu akan menemukan menu sarapan berupa Croissant dan segelas cokelat hangat dengan citarasa manis.

Jarang ada restoran Prancis yang menghidangkan menu sarapan berat. Orang Perancis akan makan berat dalam jumlah yang banyak di waktu makan siang dan juga makan malam. Selain jumlah makannya, Prancis juga punya kebiasaan sendiri mengenai ketepatan waktu makan. Makan siang dari jam 12 sampai jam 2 siang. Makan malam baru bisa dimulai di jam setengah 8 malam sampai jam 10 malam. Persiapkan diri Kamu untuk tidak makan secara teratur.

4. Meletakkan Hp atau benda lain di meja makan dianggap tidak sopan

Meja makan untuk orang Perancis dianggap sebagai tempat penyimpanan makanan. Meletakkan Hp atau benda lain di meja makan dianggap tidak sopan bahkan ada yang menganggapnya sebagai tindak kekerasan. Jangan pernah meletakkan Hp diatas meja jika tidak ingin ditegur pelayan atau bahkan diusir karena dianggap tidak sopan. Simpan Hp Kamu di dalam tas dan letakkan di kursi. 

5. Ramah dan suka disapa

Orang Perancis terkenal suka menyerobot antrean ketika berada di tempat-tempat umum namun mereka juga akan bersikap ramah menawarkan kursi kepada orang lain yang dirasa lebih butuh. Orang Prancis suka di sapa, perbanyak kosa kata Bahasa Perancis Kamu supaya bisa praktik disana. Sapa orang yang kamu temui terlebih dahulu dengan Bahasa Prancis baru berbicara dengan Bahasa Inggris supaya mereka merasa senang. 

Meskipun ramah dan suka disapa tetapi jangan basi-basi. Ketika bertemu dengan orang Prancis yang tidak Kamu kenal lebih baik diam daripada mengajak berbicara basi-basi. Mengapa? Karena berbicara dengan orang asing merupakan sesuatu yang aneh bagi Mereka. Orang Prancis akan cenderung berbicara secara formal dengan orang yang tidak dikenal. 

Bagaimana sudah siap untuk berlibur ke Prancis. Sampai mana persiapan perjalanan Kamu? Sudahkah membeli tiket pesawat Jakarta Prancis. Jika belum yuk segara booking tiketnya supaya persiapan Kamu jadi lebih aman dan nyaman. Tips untuk berlibur ke Prancis adalah persiapan yang sebaik mungkin. Mulai dari tiket pesawat pulang pergi, rencana tempat yang akan dikunjungi, lamanya liburan, pakaian yang dibawa, alat komunikasi, sedikit belajar bahasa dan pantau perkembangan cuaca yang ada di Prancis saat mendekati hari liburan. (*)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>